Jumat 08 May 2020 06:09 WIB

Pemain Muda Barcelona ​​Pilih Bergabung ke MU

MU dinilai lebih memberikan peluang menjanjikan bagi Marc Jurado untuk berkembang.

Rep: Fitrianto/ Red: Israr Itah
Pemain muda Barcelona Marc Jurado dilaporkan akan hijrah ke Manchester United (MU).
Foto: Dok Instagram Marcjurado04
Pemain muda Barcelona Marc Jurado dilaporkan akan hijrah ke Manchester United (MU).

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Pemain muda Barcelona Marc Jurado menolak kesempatan untuk memperpanjang kontraknya dengan raksasa Katalunya itu. Jurado lebih memilih bergabung dengan Manchester United musim panas ini, kata sumber kepada ESPN, Kamis (7/5).

Jurado sebenarnya memenuhi persyaratan untuk menandatangani kontrak profesional pada April ketika dia berusia 16 tahun, tetapi dia dilaporkan telah menolak tawaran Barcelona. Juara Spanyol itu mengusulkan kontrak tiga tahun, senilai 60 ribu Euro per tahun (Rp 978 juta) pada musim pertama. Angka ini naik menjadi 100 ribu euro (Rp 1,6 miliar) pada tahun ketiga kontrak. Ada bonus 200 ribu euro (Rp 3,2 miliar) jika ia membuat debut untuk tim Barcelona B dalam waktu itu.

Baca Juga

Namun pemain dengan posisi bek kanan yang menghabiskan musim ini dengan tim Barcelona U-16, malah menerima tawaran untuk pindah ke Inggris. MU dinilai lebih memberikan peluang menjanjikan bagi Jurado untuk berkembang.

Karena masa kontrak non-profesionalnya dengan Barcelona berakhir pada musim panas ini, MU hanya perlu membayar sejumlah kecil kompensasi sebagai pengganti biaya pengembangan pemain yang dikeluarkan Barcelona. Menurut satu sumber, nilainya kemungkinan akan kurang dari 200 ribu euro (Rp 3,2 miliar).

Musim sepak bola remaja telah berakhir di Spanyol karena pandemi corona, sehingga Jurado telah memainkan pertandingan terakhirnya untuk Blaugrana.

Sebelum Jurado, Barcelona telah kehilangan pemain akademi yang pindah ke Manchester City, yakni Eric Garcia dan Adria Bernabe.  Adapun MU sudah mengontrak Arnau Puigmal dari Espanyol, rival sekota Barcelona, dua tahun lalu.

Jurado akan menjadi pemain pertama yang meninggalkan La Masia ke MU sebelum membuat penampilan tim utama untuk Barcelona sejak Gerard Pique melakukannya pada 2004. Ketika itu, Pique berusia 17 tahun.

Sebuah sumber mengatakan kepada ESPN bahwa manajemen Barcelona kecewa kehilangan sang bek dan terutama kesal dengan cara agennya, Carlos Lacueva, putra salah satu mantan direktur klub, menangani situasi tersebut. Namun, mereka tetap berharap untuk mengikat beberapa talenta paling cemerlang di akademi.  

Masih ada penyerang Pablo Paez yang lebih dikenal dengan panggilan Gavi. Kemudian ada Ilias Akhomach. Keduanya merupakan bagian dari tim Barcelona U-16, seangkatan dengan Jurado. Mereka diharapkan menandatangani kesepakatan profesional di Camp Nou dan tak 'membelot' ke klub lain setelah digembleng di La Masia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement