Jumat 08 May 2020 04:43 WIB

Tiga Santri Aceh Positif Corona Klaster Magetan Telah Sembuh

Secara kumulatif warga terkonfirmasi positif Covid-19 di Aceh sebanyak 17 orang.

Ilustrasi virus corona masuk Indonesia
Foto: MgIT03
Ilustrasi virus corona masuk Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID,BANDA ACEH -- Tiga santri asal Provinsi Aceh yang positif Covid-19 setelah pulang dari tempat belajarnya di Pondok Pesantren Al Fatah Temboro, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur, dinyatakan telah sembuh dari Covid-19.

Juru bicara Covid-19 Aceh Saifullah Abdulgani mengatakan para santri yang dinyatakan sembuh tersebut yakni berinisial MAH dan IJ yang telah lebih dulu sembuh, kemudian disusul AJ. Ketiganya berasal dari Aceh Tamiang.

“Hasil uji swab AJ dua kali terakhir, yang diperoleh kemarin dan hari ini, sudah negatif Covid-19,” katanya di Banda Aceh, Kamis (7/5).

Ia menyebutkan AJ, 20 tahun, dinyatakan sembuh berdasarkan hasil uji sampel swab melalui sistem real time polymerase chain reaction (RT-PCR) di Balai Litbangkes RI Aceh, Siron, Kabupaten Aceh Besar.

AJ merupakan santri yang pulang kampung dari daerah klaster Magetan. Hasil tes cepat Covid-19 oleh tim gugus Aceh Tamiang menunjukkan AJ reaktif, sehingga dirujuk ke RSUD Zainoel Abidi Banda Aceh, ujarnya.

Selanjutnya, kata dia, tim medis Covid-19 RSUD Zainoel Abidin melakukan pemeriksaan rontgen thorax, serta pengambilan swab cairan tenggorokan, dan hasil dari Balai Litbangkes Aceh menunjukkan AJ positif corona, pada (30/4) lalu.

“Alhamdulillah, sudah tiga orang santripenderita Covid-19 yang pulang dari klaster Magetan, dan sembuh di Aceh,” katanya.

Menurut Saifullah, santri yang telah lebih dulu dinyatakan sembuh yakni IJ dan MAH. Katanya, IJ dinyatakan sembuh setelah hasil uji swab dirinya yang terakhir dinyatakan negatif pada (29/4) lalu.

"Sedangkan MAH dinyatakan bebas virus mematikan itu pada 30 April 2020, usai menjalani perawatan beberapa hari di Pinere RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh," katanya.

Dengan begitu, secara kumulatif warga terkonfirmasi positif Covid-19 di Aceh sebanyak 17 orang, dengan lima orang dalam perawatan, 11 orang telah sembuh, dan satu orang meninggal.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement