Kamis 07 May 2020 10:24 WIB

Apple Rilis Fitur Baru iPhone dan Apple Watch

Apple akan rilis fitur baru merespons pandemi corona yang bernama Medical ID

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Christiyaningsih
Apple watch. Apple akan rilis fitur baru merespons pandemi corona yang bernama Medical ID. Ilustrasi.
Foto: Mashable
Apple watch. Apple akan rilis fitur baru merespons pandemi corona yang bernama Medical ID. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple bergerak cepat merilis fitur perangkat lunak baru yang meningkatkan kehidupan selama pandemi Covid-19. Satu fitur baru yang bertujuan membantu responden pertama akan berguna bagi pengguna iPhone dan Apple Watch bahkan ketika mencapai sisi lain dari pandemi virus corona ini.

Seperti yang dilansir 9to5Mac pada Kamis (7/5), Perubahan akan datang di iOS 13.5 dan watchOS 6.2.5 akhir bulan ini. Apple Watch dan iPhone telah mendukung fitur yang disebut Medical ID yang memungkinkan pengguna mengumpulkan data kesehatan kritis di satu tempat. Medical ID dapat termasuk informasi kontak, tanggal lahir, kondisi medis, golongan darah, dan banyak lagi.

Baca Juga

Medical ID bisa diakses dari lock screen pada iPhone tanpa kode sandi atau dengan menahan side button di Apple Watch walaupun terkunci. Idenya adalah siapa pun dapat melihat informasi kesehatan penting pada saat dibutuhkan bahkan jika Anda tidak responsif.

Selain itu, iPhone dan Apple Watch menawarkan fitur terpisah yang disebut Emergency SOS. Saat pengguna menahan side button pada iPhone dan Apple Watch selama beberapa detik, perangkat dapat memanggil layanan darurat lokal.

Emergency SOS juga memberi tahu kontak darurat pengguna saat diaktifkan. Fitur ini sangat penting dalam menyelamatkan nyawa dengan memberi tahu responden pertama saat pengguna iPhone atau Apple Watch mengalami kecelakaan.

Hal yang terbaru di iOSS 13.5 dan watchOS 6.2.5 adalah kemampuan menghubungkan Medical ID dan Emergency SOS. Mulai akhir bulan ini, pelanggan dapat memilih fitur Emergency SOS baru yang secara otomatis berbagi informasi Medical ID dengan layanan darurat.

Ini membantu responden pertama dengan mengurangi kebutuhan bertanya tentang alergi, obat-obatan, dan kondisi medis. Penanggap pertama akan secara otomatis menerima informasi penting ini dari Medical ID ketika Emergency SOS diaktifkan.

Data Medical ID dienkripsi untuk memastikan data disimpan secara pribadi di perangkat. Privasi ini dipertahankan dengan kemampuan baru bersama pengandalan Enhanced Emergy Data untuk secara aman berbagi data dengan responden pertama.

Apple Watched Series 4 dan yang lebih baru juga memiliki fitur Fall Detection yang secara otomatis memanggil layanan darurat ketika mendeteksi jatuh dan pengguna tidak responsif. Fitur berbagi Medical ID baru juga akan digunakan untuk Fall Detection.

Fitur baru saat ini tersedia dalam versi beta iOS dan watchOS. Perbarui ke iOS 13.5 dan watchOS 6.2.5 saat pembaruan perangkat lunak tersedia akhir bulan ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement