Kamis 07 May 2020 07:19 WIB

Danrem di Kodam Cenderawasih Dijabat Jenderal Bintang Satu

Seluruh Korem di bawah Kodam XVII/Cenderawasih kini akan menjadi tipe A.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Agus Yulianto
Anggota TNI AD yang berada di bawah naungan Kodam XVII/Cenderawasih turut andil dalam pelatihan kader bela negara yang bernuansa kekinian. (Ilustrasi)
Foto: klinik pendidikan mipa
Anggota TNI AD yang berada di bawah naungan Kodam XVII/Cenderawasih turut andil dalam pelatihan kader bela negara yang bernuansa kekinian. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seluruh Komando Resor Militer (Korem) yang berada di bawah Komando Daerah Militer (Kodam) XVII/Cenderawasih kini akan menjadi tipe A. Dengan demikian, para pejabat Komandan Korem (Danrem) di sana akan berpangkat Brigadir Jenderal.

“Sebagai contoh perubahan semua Korem di jajaran Kodam XVII/Cenderawasih menjadi tipe A, yang nantinya para pejabat Danrem akan berpangkat Brigadir Jenderal,” ujar Kapendam XVII/Cenderawasih, Kolonel Cpl Eko Daryanto, dalam keterangannya, Rabu (6/5).

Ia menerangkan, hal itu sesuai dengan Validasi Orgas Satuan terbaru. Hal tersebut ia sampaikan setelah Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asaribab, memimpin acara tradisi korps dan serah terima jabatan (Sertijab) enam pejabat teras jajaran Kodam XVII/Cenderawasih di Aula Tonny A Rompis Makodam XVII/Cenderawasih, Papua.

Terdapat lima orang pejabat telah melakukan laporan korps dan serah terima jabatan dihadapan Pangdam XVII/Cenderawasih. Tiga di antaranya merupakan pejabat Kasdam, dari Brigjen Irham Wairohan kepada Brigjen Bambang Trisnohadi; Irdam dari Kolonel Inf Joko Hadi Susilo kepada Brigjen Wachid Apriliyanto; dan Kapoksahli Pangdam XVII/Cenderawasih dari Kolonel Inf Afrizal kepada Kolonel Inf Heru Setyo Paripurnawan.

Sementara tiga pejabat lainnya adalah pejabat Danrem jajaran Kodam XVII/Cenderawasih, yaitu Danrem 172/PWY dari Kolonel Inf J Binsar Sianipar kepada Kolonel Inf Izak Pangemanan, Danrem 174/ATW dari Brigjen R Agus Abdurrauf kepada Kolonel Inf Bangun Nawoko, dan Danrem 173/PVB dari Brigjen Bahman kepada Kolonel Inf Iwan Setiawan.

Dalam amanatnya, Pangdam XVII/Cenderawasih mengatakan, Sertijab merupakan salah satu implementasi pembinaan personel sekaligus bentuk perhatian, penghormatan, dan penghargaan kepada perwira yang mendapat jabatan baru.

Kehadiran para perwira baru di jajaran Kodam XVII/Cenderawasih, ia nilai, dapat membawa semangat untuk membangun dan meningkatkan kinerja satuan yang dipimpinnya menjadi lebih baik lagi.

“Jadikan acara ini sebagai langkah awal dan menjadi modal untuk beradaptasi dengan dinamika tugas yang baru diemban dan dapat bekerja dengan baik sesuai dengan bidang tugasnya," kata Herman.

Pelaksanaan Sertijab kali ini berbeda dari biasanya. Sebab, Sertijab ini tetap mengacu pada protokol kesehatan yang berlaku di tengah wabah Covid-19. Seluruh pejabat maupun anggota yang hadir sebagai perwakilan tetap mematuhi aturan social distancing dan physical distancing dengan menggunakan masker dan pengaturan jarak antar pejabat dalam pelaksanaan acara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement