Ide Mengolah Nasi untuk Menu Sahur dan Berbuka

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah

 Kamis 07 May 2020 01:05 WIB

Nasi bisa diolah menjadi berbagai hidangan yang menggugah selera (Foto: ilustrasi Nasi Goreng Kimchi) Foto: Wikimedia Nasi bisa diolah menjadi berbagai hidangan yang menggugah selera (Foto: ilustrasi Nasi Goreng Kimchi)

Nasi bisa diolah menjadi berbagai hidangan yang menggugah selera.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nasi bisa diolah menjadi berbagai hidangan yang menggugah selera. Bukan hanya nasi putih yang ditanak biasa, beragam varian nasi memiliki rasa yang kaya berkat berbagai rempah.

Baca Juga

Berikut resep hidangan nasi yang bisa dicoba untuk menu sahur ataupun berbuka, dikutip dari laman CNet, Kamis (7/5).

 

Pilaf

Pilaf atau pulao umumnya disantap penduduk Timur Tengah, Asia Tengah, Asia Selatan, dan Afrika Timur, dan Amerika Latin. Cara membuatnya cukup mudah, yakni dengan menumis beras bersama rempah-rempah, kemudian menanaknya dengan air kaldu. 

 

Nasi Spanyol

Resep asal Spanyol ini menawarkan hidangan nasi dengan aroma tomat dan bawang putih. Menu bisa menjadi penyeimbang untuk hidangan dengan rasa yang kuat. Biasanya nasi Spanyol disajikan bersama daging berbumbu, udang bakar, atau ayam panggang. 

 

Nasi hijau arroz verde

Nasi hijau pedas arroz verde ala Meksiko mengombinasikan nasi dengan cabai, rempah-rempah, daun bawang, dan jeruk nipis. Sangat sehat dan kaya rasa, dengan tampilan hijau yang menarik. Resep lain yang serupa adalah nasi cabe ijo, menu herbal asal Malaysia. 

photo
(Foto: ilustrasi Nasi Lemon India) - (Pxhere)

Nasi lemon India

Lemon dan jintan putih menambahkan rasa berbumbu yang khas pada nasi lemon India, namun tidak terlalu berlebihan. Penduduk India Selatan biasanya menyajikan menu ini bersama berbagai lauk pendamping yang tidak kalah beraroma dengan penampilan semarak.  

 

Jahaver polow

Jahaver polow memiliki arti nasi permata. Seperti namanya, tampilan menu khas Iran ini sangat berwarna seperti permata, mulai dari putih, kuning, oranye, dan hitam. Dengan aroma khas bunga jeruk, resep ini memadukan nasi dengan kacang, rempah-rempah, dan buah kering. 

 

Nasi jahe dan kunyit

Menambahkan bahan-bahan sehat seperti jahe dan kunyit adalah cara mudah untuk meningkatkan nutrisi dan aroma nasi. Bisa juga ditambah campuran cranberry kering, kacang pinus, dan daun ketumbar. Tanpa opsi itu pun, resep tetap lezat dengan warna oranye keemasan.

 

Nasi goreng kimchi 

Gabungan rasa asam pedas kimchi dengan nasi goreng sangat menggugah selera. Hidangan Korea dengan nama asli Kimchi bokkeumbap ini hanya memerlukan nasi, kimchi, serta minyak goreng atau minyak wijen. Nasi goreng kimchi biasa disajikan dengan daging asap atau seafood. 

 

Nasi panggang keju

Menu ini membutuhkan langkah pembuatan ekstra. Pindahkan nasi yang sudah dimasak bersama mentega, daun bawang, bawang merah, bawang putih, kaldu, krim, dan keju ke dalam loyang, kemudian panggang sejenak. Hasilnya adalah nasi lezat dengan selimut keju menggoda. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X