Rabu 06 May 2020 22:59 WIB

Ribuan Kendaraan Diputarbalikkan Polisi

Sebanyak 2.100 unit kendaraan yang diputarbalik merupakan hasil kerja tujuh Polda

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Andi Nur Aminah
Sebuah mobil berusaha putar balik keluar dari antrean kendaraan yang akan melewati titik pemeriksaan  PSBB (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Abriawan Abhe
Sebuah mobil berusaha putar balik keluar dari antrean kendaraan yang akan melewati titik pemeriksaan PSBB (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Korlantas Polri melaksanakan kebijakan pemutarbalikan kendaraan guna mencegah pemudik menularkan virus corona di kampung halamannya. Dalam pelaksanaan Operasi Ketupat 2020 hari ke-12 pada Selasa, (5/5), Korlantas memutarbalikkan sekitar dua ribu kendaraan.

"Kendaraan pribadi yang diputarbalik 1.008 unit, kendaraan umum 362 unit dan sepeda motor 730 unit. Totalnya 2.100 kemarin," kata Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Benyamin dalam laporan yang diberikan pada Republika.co.id, Rabu (6/5).

Baca Juga

Sebanyak 2.100 unit kendaraan yang diputarbalik merupakan hasil kerja tujuh Polda dari Lampung hingga Jawa Timur. Polda Metro Jaya jadi yang paling banyak memutarbalikkan kendaraan (882 unit), disusul Polda Jabar (412) dan Polda Jatim (320). "Polda DIY yang paling sedikit memutarbalikkan kendaraan hanya 21 unit," sebut Benyamin.

Dengan demikian, sementara ini sudah 30.193 unit kendaraan yang diputarbalikkan selama 12 hari Operasi Ketupat sejak hari pertama Ramadhan. Tren kendaraan yang diputarbalikkan cenderung turun sejak hari ketujuh Operasi Ketupat.

"Paling tinggi hari ketujuh mencapai 3.415 unit kendaraan. Setelahnya menurun sekitar dua ribu kendaraan per hari sampai hari ini," ujar Benyamin. Diharapkan kendaraan pemudik yang ingin kembali ke kampungnya terus berkurang seiring meningkatnya kesadaran akan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement