Rabu 06 May 2020 21:09 WIB

Kualitas Permainan Ronaldinho Diklaim Lebih Hebat dari Messi

Ronaldinho memiliki kualitas permainan yang tidak dimiliki oleh pemain lain.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Ronaldinho dan Lionel Messi (kanan) saat masih sama-sama di Barcelona.
Foto: www.ligafutbol.ne
Ronaldinho dan Lionel Messi (kanan) saat masih sama-sama di Barcelona.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Mantan penyerang River Plate, Martin Cardetti, mengaku bakal lebih memilih Ronaldinho ketimbang Lionel Messi untuk bergabung dengan tim yang dibesutnya. Menurut pria yang kini menangani klub asal Ekuador, Muschuc Runa, itu Ronaldinho memiliki kualitas permainan yang tidak dimiliki oleh pemain lain, termasuk bintang asal Argentina, Messi.

Saat masih aktif sebagai pemain, Cardetti memang pernah satu tim dengan Ronaldinho, tepatnya kala sama-sama memperkuat Paris Saint-Germain (PSG) pada musim 2002/2003. Pada saat itu, Cardetti mengaku begitu terkesan dengan kualitas permainan Ronaldinho. Bahkan, pria asal Argentina itu menyebut, Ronaldinho seolah disentuh langsung oleh Tuhan terkait kemampuan olah bolanya.

''Sebagai pelatih, saya akan memilih Ronaldinho pada puncak performanya ketimbang Messi. Saya bermain bersamanya selama satu musim. Ronaldinho adalah pemain yang berbeda dari pemain manapun, seolah Tuhan langsung menyentuhnya,'' kata Cardetti kepada Crack Deportivo seperti dikutip Marca, Rabu (6/5).

Tidak hanya itu, Cardetti mengungkapkan, selain memiliki bakat yang begitu luar biasa, Ronaldinho juga tidak pernah bosan untuk berlatih guna mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Akhirnya, semua kemampuan magis Ronaldinho itu mampu kembali ditampilkan saat tampil di atas lapangan.

''Dia selalu gembira saat menyentuh bola. Selain itu, dengan bola di kakinya, dia bisa membuat trik tertentu dan melatihnya terus-menerus. Sehingga, dia bisa mengeluarkan trik tersebut saat berada di pertandingan sesungguhnya,'' tutur Cardetti.

Cardetti pun mengenang saat berlatih bersama Ronaldinho di PSG. ''Anda melihatnya di sesi latihan dan di pertandingan. Setiap gerakan yang dia lakukan benar-benar berbeda dibanding pemain lain. Pemain seperti itu sangat jarang muncul dan akan dikenang dalam sejarah sepak bola. Saya cukup bangga sempat satu tim dengannya,'' ujar dia.

Selepas memperkuat PSG, Ronaldinho hijrah ke Barcelona pada 2003 dan mengalami masa-masa keemasan dengan tim asal Katalan tersebut. Ronaldinho sukses merebut trofi Ballon d'Or pada 2005 dan sukses meraih satu titel Liga Champions dan dua titel La Liga Spanyol. Selain itu, mantan pemain AC Milan itu juga berhasil mempersembahkan trofi Piala Dunia buat Brasil pada 2002.

Sementara Lionel Messi dianggap sebagai salah satu pemain terbaik di dunia saat ini. Messi menjadi satu-satunya pemain yang mampu meraih enam penghargaan Ballon d'Or. Sepuluh titel La Liga dan empat trofi Liga Champions menjadi sedikit prestasi dari berbagai torehan trofi dan capaian personal pemain berjuluk La Pulga tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement