Rabu 06 May 2020 17:09 WIB

Menhan Lantik Marsda Donny Ermawan Jadi Sekjen Kemenhan

Marsda Donny Ermawan yang kelahiran Solo berpeluang menjadi KSAU.

Marsda Donny Ermawan Taufani menandatangani dokumen sertijab disaksikan Laksdya Agus Setiadji.
Foto: Dok Humas Kemenhan
Marsda Donny Ermawan Taufani menandatangani dokumen sertijab disaksikan Laksdya Agus Setiadji.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -– Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memimpin upacara pelantikan, pengangkatan sumpah dan serah terima jabatan (sertijab) Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dan Direktorat Jenderal Strategi Pertahanan (Dirjen Strahan) Kemenhan di Aula Bhineka Tunggal Ika Kemenhan, Rabu (6/5). Prosesi sertijab tersebut dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditentukan antara lain physical distancing, menggunakan masker dan sarung tangan, dan tidak ada tamu undangan. Pejabat dan tamu undangan menyaksikan melalui video conference.

Berdasarkan Keputusan Menteri Pertahanan Nomor:KEP/486/M/V/2020 tanggal 6 Mei 2020 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi di Lingkungan Kemenhan, jabatan Sekjen Kemenhan resmi diserahterimakan dari Laksdya Agus Setiadji kepada Marsda Donny Ermawan Taufani. Sedangkan Dirjen Strahan Kemenhan dari Mayjen Rizerius Eko Adisancoko kepada Brigjen Rodon Pedrason.

Dalam sambutannya, atas nama negara dan juga pemerintah, Prabowo menyampaikan ucapan terima kasih kepada pejabat lama Laksdya Agus Setiadji dan Mayjen Rizerius Eko Adisancoko, atas prestasi dan pengabdian yang telah diberikan selama menjabat sebagai sekjen Kemenhan dan dirjen Strahan Kemenhan. Keduanya akan memasuki usia pensiun.

Sedangkan kepada pejabat baru yang dilantik, Prabowo menyampaikan, ucapan selamat bekerja, selamat berjuang, negara dan bangsa menantikan pengabdian kedua pati TNI AL dan AD tersebut. Prabowo berharap, keberhasilan yang telah dicapai pejabat lama hendaknya dapat dipelihara dan ditingkatkan di masa mendatang.

Menhan mengungkapkan bahwa, melihat dinamika yang terjadi sekarang adanya wabah Covid-19 merupakan suatu ancaman besar bukan saja bagi negara Indonesia, tetapi seluruh umat manusia di seluruh dunia. Wabah Covid-19 ini telah mengakibatkan semua kegiatan kenegaraan menjadi semakin rumit, semakin lambat dan semakin penuh tantangan.

Namun, dalam rangka menghadapi dinamika perkembangan dan antisipasi bangsa Indonesia terhadap tantangan kedepan, Kemhan bersama-sama menyusun postur pertahanan, kebijakan-kebijakan strategi yang terbaik. “Kita antisipasi bahwa tantangan kedepan berupa pandemik-pandemik seperti yang kita hadapi sekarang mungkin akan terus terjadi, ini harus kita antisipasi," kata Prabowo dikutip lama resmi Kemenhan.

Marsda Donny Ermawan Taufani merupakan alumnus terbaik Akademi Angkatan Udara (AAU) 1988, yang kelahiran Solo, 12 Desember 1965. Dia sebelumnya menjadi

panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Koopsau) II dan komandan Sekolah dan Komando AU (Seskoau).

Dengan begitu, ia akan mendapat kenaikan pangkat menjadi Marsdya atau bintang tiga. Otomatis dengan jabatan yang diembannnya sekarang, Donny yang kelahiran Solo berpeluang menjadi Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) menggantikan Marsekal Yuyu Sutisna yang akan pensiun pada Juni mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement