Saturday, 3 Jumadil Akhir 1442 / 16 January 2021

Saturday, 3 Jumadil Akhir 1442 / 16 January 2021

Industri Streaming Makin Diminati Saat Pandemi

Rabu 06 May 2020 14:05 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih

 Produser Mira Lesmana saat ditemui wartawan di Kedai Kopi 89, Mampang Prapatan Jakarta Selatan, Kamis (22/2). 

Produser Mira Lesmana saat ditemui wartawan di Kedai Kopi 89, Mampang Prapatan Jakarta Selatan, Kamis (22/2). 

Foto: Republika/Noer Qomariah Kusumawardhani
Masa karantina memberi peluang besar bagi pertumbuhan industri streaming.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjalani aktivitas dari rumah dan mengurangi kegiatan di luar membuat orang-orang lebih banyak mencari hiburan dengan dukungan internet. Industri streaming atau layanan video on demand (VOD) pun makin dilirik untuk mengisi waktu luang.

Sutradara film Mira Lesmana mengungkapkan, mau tak mau di masa pandemi ini masya rakat otomatis harus mencari hiburan di rumah. Untuk para penggemar film dan serial televisi, mereka akan menonton film favorit melalui Youtube atau aplikasi digital lokal maupun luar negeri.

Saat ini, orang-orang bisa mendengarkan lagu maupun podcast melalui platform digital, seperti Spotify. "Jadi harus mencari cara apa yang kira-kira bisa dilakukan. Selain juga tetap berkarya tapi juga menghibur banyak orang supaya tidak stres di rumah," ujar Mira saat dihubungi oleh Republika.co.id, beberapa waktu lalu.

Di luar masalah pandemi Covid-19, layanan over the top (OTT) memang sudah menjadi salah satu pilihan untuk menonton film dan serial. Layanan OTT menjadi salah satu alternatif saluran distribusi karya dunia perfilman selain bioskop.

Mira mengungkapkan, tentunya semua ini diawali dengan ke suksesan Netflix dan Amazon secara global. Kemudian, menyusul lahirnya berbagai platform digital di Indonesia serta Asia. Kegiatan menonton film dan serial televisi melalui layanan OTT ini juga sudah diprediksi sebelumnya.

Karena generasi Z dan milenial muda banyak sekali menggunakan gawai sehingga kebiasaan mereka menonton di platform digital sudah tinggi. "Justru memang sedang marak, tetapi dengan adanya pandemi ini jadi melonjak dan menjadi pilihan utama," kata pendiri Miles Production ini.

Meski begitu, Mira melanjutkan, orang-orang yang menggemari dan menikmati menonton film di gedung bioskop akan tetap pergi ke sana. Ia merasa, bagaimana pun menonton film di bioskop menghadirkan sebuah pengalaman tersendiri.

Ia berharap, setelah pandemi berakhir, orang akan terus pergi ke bioskop dan kebiasaan menonton di rumah tetap menjadi alternatif. "Kalau OTT platform nonton sendirian tidak masalah, tapi kalau ke bioskop biasanya kita menjadikannya pengalaman kolektif. Ini sama seperti kita nonton konser," ujarnya.

Saat ini, hampir semua film Miles Production ada di layar OTT. Selain tayang di Netflix Indonesia, film-film karya Mira juga bisa ditonton di Vidio.com, Catchplay+ Indonesia, dan Goplay Indonesia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA