Selasa 05 May 2020 21:22 WIB

Surga Adnin, Tempat Reuni yang Paling Didambakan

Di Surga Adnin, Allah mempertemukan kembali seseorang dengan orang tua dan anaknya.

Surga (ilustrasi)
Foto: blogspot.com
Surga (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Tiada kebahagiaan yang paling berbunga kecuali dengan mereka yang kita kasihi. Setelah jarak waktu penantian dan pengembaraan di dunia fana ini, apakah ada perjumpaan kembali yang paling dinantikan selain di Surga Adnin?

Di sanalah para malaikat mengembangkan sayapnya, mengiringi pertemuan mereka--Mukminin dan Mukminat yang beruntung.

Baca Juga

Di Surga Adnin, mereka bersama orang-orang saleh dari kalangan bapak-bapak mereka, istri-istri mereka, dan anak keturunan mereka. Malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari setiap pintu, seraya mengucapkan, "Salamun ‘alaikum, kedamaian bagi kamu dengan kesabaran kamu, maka inilah sebaik-baik tempat kesudahan" (QS ar-Ra'du: 23-24).

Bagaimana agar kita dapat mengalami perjumpaan kembali di surga itu?

Salah satu kunci untuk memasuki surga itu, dijelaskan pada ayat sebelumnya. Yakni, hendaknya selama kita di dunia selalu memenuhi janji, menyambung tali silaturahim, dan bersabar.

Kunci lainnya adalah keluhuran akhlak serta rasa hormatn yang penuh ihsan kepada kedua orang tua, utamanya ibu.

Benarlah apa yang disabdakan Rasulullah SAW, Ada tiga doa yang pasti dikabulkan dan tidak diragukan lagi, yakni doa orang yang teraniaya, doa orang bepergian, dan doa orang tua bagi anaknya (HR Bukhari).

Tidak ada kebahagiaan yang paling berbinar, kecuali kita memiliki anak yang saleh, santun kepada orang tua, dan gemar mendoakan. Sebab doa anak yang saleh, tidak ada penghalangnya kecuali dikabulkan Allah.

Rasulullah bersabda, "Diangkat derajat seseorang setelah matinya. Dia pun bertanya, 'Wahai Tuhanku, mengapa engkau angkat derajatku?' Allah berfirman, 'Anakmu memohon ampunan untukmu'" (HR Bukhari).

Ibnu Abbas meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Ketika seseorang masuk surga, ia menanyakan di mana orang tua, istri, dan anak-anaknya. Lalu, Allah berkata kepadanya, 'Mereka tidak mencapai derajat amalmu.'

Kemudian, orang itu berkata, 'Ya Rabb, aku beramal bagiku dan keluargaku.' Kemudian, Allah memerintahkan untuk menyusulkan keluarganya ke surga (HR Thabrani).

Semoga kita dapat berkumpul untuk reuni di surga Adnin! Aamiin.

sumber : Hikmah Republika oleh Ustaz Toto Tasmara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement