Friday, 28 Rabiul Akhir 1443 / 03 December 2021

Friday, 28 Rabiul Akhir 1443 / 03 December 2021

Putin Beri Medali kepada Kim Jong-un

Rabu 06 May 2020 03:36 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Christiyaningsih

 Presiden Rusia Vladimir Putin memberi medali peringatan perang pada Kim Jong-un. Ilustrasi.

Presiden Rusia Vladimir Putin memberi medali peringatan perang pada Kim Jong-un. Ilustrasi.

Foto: Alexei Druzhinin, Sputnik, Kremlin Pool Photo
Presiden Rusia Vladimir Putin memberi medali peringatan perang pada Kim Jong-un

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Presiden Rusia Vladimir Putin telah memberi Kim Jong-un medali yang menandai peringatan perang 75 tahun kemenangan atas Nazi Jerman, Selasa (5/5). Kedutaan Rusia di Pyongyang menyatakan, medali itu diberikan karena perannya dalam menjaga memori tentara Uni Soviet yang gugur di wilayah Korea Utara.

Duta Besar Rusia di Korea Utara, Alexander Matsegora, menyerahkan penghargaan itu kepada Menteri Luar Negeri Korea Utara, Ri Son-gwon. Sedangkan Kim tidak menghadiri upacara penyerahan tersebut.

Foto-foto pertemuan di Pyongyang tersebut menunjukkan para pejabat Rusia dan Korea Utara mengenakan masker. Langkah penecegahan itu diambil meskipun Korea Utara melaporkan sejauh ini belum ada satu kasus pun kasus penyebaran virus corona.

Tahun lalu Rusia mengundang Kim untuk mengunjungi Moskow pada 9 Mei. Dia diminta untuk menghadiri parade militer yang menandai peringatan 75 tahun kemenangan atas peristiwa tersebut.  Namun, Putin mengumumkan keputusan untuk menunda parade bulan lalu hingga tanggal yang belum ditentukan karena pandemi virus corona.

Undangan Putin kepada pemimpin Korea Utara bukan kali pertama. Sebelumnya pada 2015, Kim mendapatkan undangan serupa untuk peringatan ke-70, tetapi dia menolak undangan itu.

sumber : AP
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA