Friday, 10 Syawwal 1445 / 19 April 2024

Friday, 10 Syawwal 1445 / 19 April 2024

Covid-19 Bertambah, Bamsoet: Rapid Test Tiap Hari Dilakukan

Selasa 05 May 2020 20:17 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta pemerintah untuk terus melakukan pemeriksaan cepat/rapid test kepada masyarakat agar diketahui dengan pasti jumlah orang yang positif terpapar virus corona.

Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta pemerintah untuk terus melakukan pemeriksaan cepat/rapid test kepada masyarakat agar diketahui dengan pasti jumlah orang yang positif terpapar virus corona.

Foto: MPR
Bamsoet juga meminta pemerintah melakukan tes PCR tiap hari di zona merah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah untuk terus melakukan pemeriksaan cepat/rapid test kepada masyarakat agar diketahui dengan pasti jumlah orang yang positif terpapar virus corona. Disamping itu juga melakukan, pendekatan medis dan pendekatan psikologis dalam menangani pasien yang positif virus corona sebagai salah satu upaya pencegahan dan penanganan covid-19. 

"Pemerintah untuk melakukan tes virus corona dengan metode Polymerase Chain Reaction/PCR setiap harinya, terutama di wilayah-wilayah dengan zona merah," ujar dia, Selasa (5/5). Hal tersebut Bamsoet katakan merespons isu aktual terkait masih bertambahnya kasus positif covid-19 di Indonesia, berdasarkan data terakhir per Senin, 4 Mei 2020 yaitu sebanyak 11.587 kasus, dan data memperlihatkan bahwa penambahan kasus covid-19 terjadi di 16 provinsi dan yang terbesar adalah penambahan dari Jawa Barat yaitu sebanyak 193 kasus baru.

"Pemerintah juga perlu menginformasikan mengenai standar suatu daerah disebut zona hijau ataupun merah terutama kepada Polresta, Babinsa, Satpol PP, dan aparatur setempat, agar dapat memberikan pemahaman tentang kondisi tingkat penyebaran virus corona disuatu tempat kepada masyarakat, sehingga penanganan yang dilakukan juga dapat tepat sasaran," ucap dia.

Di saat yang sama, Bamsoet juga meminta pemerintah bersama aparat terus melakukan tindakan pemeriksaan hingga pembatasan perjalanan dari satu wilayah ke wilayah lain, sehingga upaya penanganan yang dilakukan bisa lebih efektif dan efektif. Pemerintah juga harus memaksimalkan langkah-langkah penerapan PSBB, terutama dari sisi preventif, serta mempertimbangkan untuk menunda program-program yang tidak terkait dengan penanganan wabah covid-19 di Indonesia.

Selain itu, Bamsoet berharap pemerintah dapat terus memberikan data yang riil dan transparan terkait kasus covid-19 di Indonesia, agar penanganan yang dilakukan dapat tepat sasaran. Ia pun mengajak masyarakat untuk mendukung kebijakan yang ditetapkan pemerintah berkaitan dengan penanganan penyebaran virus corona, serta dapat bekerja sama dan mematuhi aturan pemerintah agar pandemi covid-19 ini dapat berangsur-angsur mengalami penurunan jumlah kasus baru dan segera selesai.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler