Selasa 05 May 2020 15:02 WIB

Erdogan: Vaksin Corona Harus Jadi Milik Bersama

Erdogan turut menjanjikan dana untuk membantu proses pengembangan vaksin Covid-19.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Mas Alamil Huda
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.
Foto: FAZRY ISMAIL/EPA-EFE
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA — Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan, vaksin untuk virus corona atau Covid-19 harus menjadi milik bersama umat manusia. Hal itu dia sampaikan dalam pesan video yang diputar pada Coronavirus Global Response Summit yang diselenggarakan Uni Eropa, Senin (4/5). 

"Vaksin Covid-19 harus menjadi milik bersama seluruh umat manusia. Sangat penting bahwa akses global ke vaksin yang akan diproduksi dijamin dan prinsip 'tidak meninggalkan siapa pun' dilaksanakan dengan tekun," kata Erdogan, dikutip laman Yeni Safak. 

Dia turut menjanjikan dana untuk membantu proses pengembangan vaksin Covid-19. Namun, Erdogan belum dapat memastikan jumlah yang dapat diberikan negaranya. “Kami akan mengumumkan jumlah yang akan kami tentukan dalam penilaian berikut pada 23 Mei,” ucapnya. 

Erdogan mengungkapkan, sejauh ini Turki telah memberikan bantuan medis kepada 57 negara. Dia menekankan negaranya akan tetap menjadi mitra dalam hal pasokan medis kritis, mulai dari masker hingga ventilator. 

“Kami juga berbagi pengalaman negara kami dalam perang melawan virus dengan teman-teman kami," ujar Erdogan. 

Saat ini terdapat lebih dari 3,5 juta kasus Covid-19. Sementara korban meninggal akibat virus telah melampaui 248 ribu jiwa. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement