Selasa 05 May 2020 14:23 WIB

Tanggal Bergeser, GIIAS 2020 Tetap Digelar

Tahun ini hanya pameran GIIAS di Surabaya dan BSD-City yang digelar

Pengunjung dan undangan memadati area pameran pada pembukaan pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) ke-27 tahun 2019 di ICE BSD, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (18/7/2019).
Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Pengunjung dan undangan memadati area pameran pada pembukaan pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) ke-27 tahun 2019 di ICE BSD, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (18/7/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-–Meski menghadapi tantangan cukup berat, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) berencana tetap mengupayakan pertumbuhan industri otomotif Indonesia ditengah pandemi global Covid-19 ditanah air. Salah satu upaya yang konsisten dijalankan Gikindo adalah penyelenggaraan rangkaian pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020 The Series, yang rencananya tahun ini berlangsung di Surabaya, Jakarta, Makassar, dan Medan.

Namun, menimbang beberapa faktor penentu seperti kondisi pandemi Covid-19 di tanah air, dan status tanggap darurat yang ditetapkan pemerintah Republik Indonesia, yang akan berlangsung hingga 29 Mei 2020 nanti.

Serta beberapa masukkan tentang dampak pandemi terhadap industri otomotif Indonesia saat ini pada khususnya, terhadap kondisi perekonomian Indonesia, faktor kesehatan dan keselamatan masyarakat saat ini, GAIKINDO berasumsi pada bulan Juni 2020 kondisi pandemi akan mulai membaik, dan pada bulan Juli 2020 kondisi negara secara keseluruhan akan mulai berangsur-angsur normal, termasuk kondisi ekonomi Indonesia. 

Terkait dengan hal tersebut, Gaikindo mengambil beberapa keputusan penting terkait penyelenggaraan GIIAS 2020 The Series. Pertama adalah dengan mengkonsentrasikan penyelenggaraan pada dua pameran GIIAS di tahun ini, GIIAS Surabaya 2020 dan The 28th GIIAS, BSD-CITY. Sementara penyelenggaraan GIIAS Makassar dan GIIAS Medan akan dilaksanakan kembali pada tahun 2021. 

Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo dalam keterangan tertulisnya Selasa (5/5), menyatakan keputusan ini sudah menimbang dan merupakan hasil keputusan bersama, “Berbagai faktor harus kami prioritaskan, seperti kesehatan dan keselamatan masyarakat, kondisi perekonomian negara, selain itu kami juga harus memikirkan kepentingan industri otomotif  yang  membutuhkan waktu untuk recovery," katanya. 

Namun industri juga membutuhkan ajang untuk bangkit Kembali. Karena itu pihaknya memutuskan untuk berupaya tetap melangsungkan GIIAS 2020. "Konsentrasi ke dua penyelenggaraan, dengan beberapa penyesuaian," katanya. 

Ketua III Gaikindo Rizwan Alamsjah, menyatakan Gaikindo akan tetap menghadirkan penyelenggaraan GIIAS The Series yang komprehensif seperti sebelumnya. Karena itu GAIKINDO merencanakan penyesuaian dari sisi waktu di GIIAS Surabaya dan The 28th GIIAS, BSD-CITY. 

Rencana penyelenggaraan GIIAS 2020 The Series adalah GIIAS Surabaya 2020 akan berlangsung pada 2-6 September 2020, dan akan berlangsung selama 5 (lima) hari, di Grand City Convex Surabaya. Sementara, The 28th GIIAS 2020, BSD-City akan berlangsung pada 22 Oktober – 1 November 2020, di Indonesia Convention Exhibtion (ICE). "Menggeser tanggal penyelenggaraan adalah pilihan terbaik," kata Rizwan. 

Kehadiran GIIAS The Series ditahun yang sangat berat ini bukti konsistensi dan upaya industri otomotif untuk terus bergerak maju bagi masyarakat Indonesia. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement