Selasa 05 May 2020 11:48 WIB

BI Banten Siapkan Uang Tunai Rp 3,025 Triliun

Untuk pelayanan penukaran uang, BI Banten berkerja sama dengan 11 kantor cabang bank.

  Petugas menyiapkan pasokan uang tunai untuk kebutuhan anjungan tunai mandiri (ATM). ilustrasi
Petugas menyiapkan pasokan uang tunai untuk kebutuhan anjungan tunai mandiri (ATM). ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Banten pada Ramadhan tahun ini atau menjelang Idul Fitri 1441 H, menyiapkan kebutuhan uang tunai bagi masyarakat yang diperkirakan sebesar Rp 3,025 triliun. Namun demikian BI memperkirakan arus keluar uang tunai pada periode Ramadhan dan Lebaran 1441 H diperkirakan sebesar Rp 2,3 triliun atau turun sebesar 25 persen dibanding tahun 2019 karena dampak ekonomi dari Covid-19.

Kepala BI Kantor Perwakilan Provinsi Banten Erwin Soeriadimadja di Serang, Senin (4/5) mengatakan, penurunan arus uang tunai pada Lebaran tahun ini seiring dengan adanya dampak ekonomi terkait pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), kebijakan dan stimulus pemerintah kepada masyarakat selama periode penanganan dampak pandemi Covid-19, kemudian meningkatnya penggunaan nontunai di tengah pandemi Covid-19, tinggi arus keluar uang tunai pada periode bulan sebelumnya serta hari libur yang lebih sedikit dibanding tahun lalu.

Baca Juga

"Berbeda dari tahun sebelumnya, memerhatikan aspek kemanusiaan dan kesehatan masyarakat dalam memitigasi penyebaran Covid-19, layanan penukaran uang kepada masyarakat yang biasanya disediakan melalui penyediaan penukaran di lokasi umum seperti di Alun-Alun Kota Serang dan pasar tradisional, maka pada tahun ini hanya disediakan melalui loket di bank," kata Erwin.

Terkait hal tersebut, kata dia, BI telah berkoordinasi dan meminta perbankan, agar dalam memberikan layanan penukaran uang menegakkan protokol pencegahan Covid-19 pada masa PSBB secara ketat yang telah ditetapkan Pemerintah. Protokol dimaksud antara lain penggunaan masker, pemindaian suhu tubuh, dan penerapan physical distancing.

"Penukaran dapat dilakukan pada saat masyarakat menarik atau setor uang ke perbankan," kata Erwin.

Saat ini untuk pelayanan penukaran uang, Bank Indonesia Provinsi Banten telah bekerjasama dengan 11 Kantor Cabang (KC) Bank di Provinsi Banten antara lain Bank Banten, Bank BJB, BRI, BNI, BTN, Mandiri, BCA, BRI Syariah, UOB, Bank Syariah Mandiri, Permata.

Secara Nasional, kata Erwin, BI berkomitmen menyiapkan kebutuhan uang tunai (outflow) yang diprakirakan sebesar Rp 157,96 triliun pada periode Ramadhan/Idul Fitri tahun ini, turun sebesar 17,7 persen dibandingkan periode tahun lalu.

Kebutuhan tersebut telah memperhatikan antisipasi kebutuhan selama bulan Ramadan, libur Idul Fitri, serta kebijakan dan stimulus Pemerintah kepada masyarakat selama periode penanganan dampak pandemi Covid-19, termasuk pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kebutuhan uang tunai (outflow) tertinggi pada periode Ramadhan/Idul Fitri tahun ini terjadi di daerah Jabodetabek yang diprakirakan sebesar Rp38,0 triliun.

"Untuk kelancaran penyiapan uang tunai dan kelancaran layanan penukaran tersebut, BI menyusun strategi secara internal dan eksternal," kata dia.

Secara internal, kata Erwin, BI melakukan penyediaan uang yang layak edar dan higienis untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 dengan melakukan karantina uang rupiah selama 14 hari sebelum diedarkan, menyemprot disinfektan pada area perkasan, sarana dan prasarana, serta memperhatikan higienitas SDM dan perangkat pengolahan uang.

Kemudian, pendistribusian uang secara tepat di tengah keterbatasan moda transportasi agar seluruh kantor perwakilan Bank Indonesia memiliki kecukupan persediaan uang secara nominal dan per pecahan.

Sedangkan dari sisi eksternal, BI melakukan koordinasi dengan perbankan dan PJPUR untuk menjaga ketersediaan uang di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dengan kualitas baik melalui perencanaan pengisian uang yang akurat.

Kemudian menyediakan layanan penukaran uang kepada masyarakat di loket perbankan sehingga masyarakat mudah untuk memperoleh uang, dan memastikan seluruh kegiatan pengolahan uang yang memerhatikan aspek K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja).

"Dari sisi non tunai, telah terjadi perubahan perilaku di masyarakat dalam memilih media pembayaran yang beralih ke pembayaran digital seperti penggunaan QRIS yang terus meningkat," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement