Selasa 05 May 2020 11:12 WIB

Jangan Berharap Kematian

Umat Islam dilarang meminta kematian.

Jangan Berharap Kematian. Foto: Kematian (ilustrasi)
Foto: Dailymail.co.uk
Jangan Berharap Kematian. Foto: Kematian (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meski maut adalah sesuatu yang pasti akan terjadi pada setiap makhluk yang bernyawa, kita dilarang meminta kematian kepada Allah SWT. Bahkan, dalam kondisi sakit paling parah sekalipun, kita tetap tidak boleh membuat permintaan semacam itu di dalam doa kita.

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, "Janganlah sekali-kali salah seorang dari kamu menginginkan mati. Hendaknya, ia tidak berdoa meminta mati sebelum datang waktunya. Dan, sesungguhnya apabila orang itu telah mati, terputuslah amalnya. Padahal, umur seorang Mukmin itu sesungguhnya justru akan menambah kebaikan kepada nya." (HR Muslim).

Baca Juga

Sementara, pada hadits lain yang diriwayatkan Anas bin Ma lik RA, Rasulullah SAW bersabda, "Janganlah seseorang di antara kalian mengharapkan kematian karena tertimpa kesengsaraan. Kalaupun terpaksa ia mengharapkannya maka hendaknya dia berdoa,

'Ya Allah, berilah aku kehidupan apabila kehidupan itu memang lebih baik bagiku dan ma tikanlah aku apabila kematian itu memang lebih baik untukku.'" (HR al-Bukhari No 5671 dan Muslim No 2680).

sumber : Pusat Data Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement