Senin 04 May 2020 20:52 WIB

Meski Punya Peran Penting, Andre Onana akan Dilepas Ajax

Kiper 24 tahun itu terus disebut-sebut tengah menjadi bidikan Chelsea dan Barcelona.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Kiper Ajax Andre Onana (kanan) menghalau bola.
Foto: AP Photo/Frank Augstein
Kiper Ajax Andre Onana (kanan) menghalau bola.

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Ajax Amsterdam siap melepas penjaga gawang asal Kamerun, Andre Onana, pada bursa transfer musim panas mendatang. Sebelumnya, nama penjaga gawang berusia 24 tahun itu terus disebut-sebut tengah menjadi bidikan Chelsea dan Barcelona.

Di Chelsea, Onana diharapkan menjadi pengganti penjaga gawang asal Spanyol, Kepa Arrizabalaga. Sementara, Barcelona berharap bisa mendapatkan jebolan akademi sepak bola La Masia itu untuk menjadi kompetitor Marc-Andre Ter Stegen dalam perebutan posisi penjaga gawang utama La Blaugrana.

Meski mengakui Onana memiliki peran penting di timnya, tapi pelatih Ajax, Eric ten Hag, mengungkapkan, De Gondenzonen siap melepas Onana di bursa transfer pemain mendatang. Namun, Ajax baru mau melepas Onana dengan tawaran nilai transfer yang tepat.

''Tentu, kami tidak mau kehilangan dia. Namun, kami telah memiliki kesepakatan pada tahun lalu terkait perkembangan situasi yang ada. Termasuk, sikap yang akan kami ambil ketika ada tawaran dari klub lain yang datang dengan harga yang tepat,'' kata Ten Hag kepada Algemeen Dagblad seperti dikutip Daily Mail, Senin (4/5).

Kabarnya, Ajax siap melepas Onana dengan tebusan nilai transfer tidak kurang dari 25 juta poundsterling. Berhasil menembus tim utama Ajax Amsterdam pada 2016, Onana masih memiliki durasi kontrak hingga 2022 mendatang.

Onana menarik perhatian sejumlah klub besar Eropa saat mampu mengantarkan Ajax menembus babak semifinal Liga Champions musim lalu. Onana memang menjadi salah satu pemain andalan Ten Hag.

Pada musim ini, Onana hanya absen di satu laga. Secara keseluruhan, ia telah tampil di 178 pertandingan di semua laga sejak dipercaya menjadi kiper utama Ajax pada awal musim 2016/2017.

Sebenarnya, Onana bukanlah produk akademi sepak bola Ajax Amsterdam. Pada usia 14 tahun, Onana menarik minat Barcelona. Pada saat itu, Onana direkrut Barca dari akademi sepak bola bentukan Yayasan Samuel Eto'o. Setelah hijrah ke Barcelona, Onana dimasukkan ke akademi sepak bola La Masia.

Namun, pada 2015 La Blaugrana justru sepakat untuk melepas Onana ke Ajax. Penampilan impresif Onana di tim junior Ajax membuat penjaga gawang terbaik Afrika pada 2018 itu dipromosikan ke tim utama De Gondenzonen. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement