Senin 04 May 2020 20:32 WIB

10 Kegiatan ini Bisa Bikin Ngabuburit di Rumah Aja Terasa Makin Seru

Ngabuburit bareng keluarga bisa dilakukan #DiRumahAja.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Cermati

Bulan Ramadhan sangat erat kaitannya dengan ngabuburit atau jalan-jalan pada sore hari sambil menunggu waktu buka puasa tiba. Namun, bulan puasa tahun ini tentunya terasa sangat berbeda karena ada wabah pandemi corona atau Covid-19.

Hal ini tentunya tak bisa lagi ngabuburit ke luar rumah karena pemerintah mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap berada di rumah saja guna memutus rantai penyebaran virus corona.

Jangan kecewa, meski puasa ramadhan tahun ini tidak bisa ngabuburit jalan-jalan sore sambil cari takjil di luar rumah, masih banyak kegiatan sore yang bisa kamu lakukan bersama keluarga. Dengan begitu ngabuburit di rumah saja tak hanya semakin seru, tapi juga mendapatkan keberkahan.

Agar tak penasaran apa saja kegiatan ngabuburit di rumah saja, simak ulasannya berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

 

1. Menonton Film Serial Favorit atau Nuansa Islami

menonton

Menonton film serial favorit

Menonton memang menjadi salah satu kegiatan yang disukai banyak orang, baik itu orang dewasa hingga anak kecil sekalipun. Ngabuburit kali ini bisa kamu isi dengan menonton film serial favorit bersama keluarga, entah itu yang bergenre drama, action, komedi atau yang lainnya.

Bukan hanya itu saja, kamu dan keluarga juga bisa menonton film yang bernuansa Islami, seperti My Name is Khan, Hanum dan Rangga, Ketika Cinta Bertasbis, Ayat-ayat Cinta, 99 Cahaya di Langit Eropa, sejarah islam, kisah-kisah para nabi dan masih banyak lagi.

2. Tadarusan

Pada umumnya selain menjalankan puasa penuh hingga 30 hari, umat islam juga melengkapi ibadahnya dengan mengkhatamkan kitab suci agama Islam, yaitu Al-Qur-an. Mengaji atau tadarusan bareng bersama keluarga juga bisa dijadikan sebagai ngabuburit. Jika tadarusan dilakukan dengan rutin setiap harinya, maka 30 jus bisa diselesaikan dalam waktu 30 hari.

Baca Juga: Sabar, Ini Ujian! Berikut Cara Menjalankan Puasa Ramadhan saat Pandemi Corona

3. Menonton Ceramah

Agar ilmu agama kamu dan keluarga terus bertambah, tak ada salahnya isi ngabuburit dengan menonton ceramah di stasiun televisi. Di setiap bulan Ramadhan, hampir semua stasiun televisi di Indonesia menyuguhkan siaran ceramah yang diisi oleh para ustadz atau ustadzah ternama di Indonesia.

Selain itu, saat ini banyak ustadz dan ustadzah yang sengaja membuat channel Youtube untuk membagikan ilmu agama Islam. Kamu dan keluarga hanya tinggal mencari nama ustadz dan ustadzah atau mencari topik Islam yang diinginkan.

4. Olahraga Bersama di Rumah

olahraga

Olahraga bersama di rumah

Jika biasanya kamu dan keluarga melakukan olahraga jogging atau jalan santai keliling komplek rumah, untuk kali ini lakukan ngabuburit olahraga di rumah saja. Banyak olahraga ringan yang bisa dilakukan bersama, mulai dari yoga, peregangan tubuh, aerobik dan lainnya.

5. Masak Menu Buka Puasa

Daripada beli menu masakan untuk buka puasa di luar rumah, mendingan masak sendiri bersama keluarga. Tak hanya membuat ngabuburit menjadi lebih seru, tapi masak sendiri juga lebih terjamin kebersihannya dan tentunya rasanya juga lebih lezat.

Banyak menu pilihan yang cocok untuk buka puasa, mulai dari kolak, sayur tumisan atau berkuah, lauk-pauk hingga membuat minuman segar.

6. Membuat Camilan Kekinian

Bagi yang belum mengantuk setelah sholat tarawih di rumah, biasanya kamu dan keluarga akan menonton serial tv bersama dan ditemani dengan camilan-camilan kekinian. Nah, camilan ini bisa dibuat saat sore hari sebagai kegiatan ngabuburit.

Banyak ragam camilan kekinian yang bisa kamu buat tentunya dengan bahan-bahan yang sederhana, misalnya pie susu, mini risol, martabak mini, pudding oreo, kripik kentang, agar-agar buah, tahu isi bakso, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga: Modal Mulai Rp100 ribu! Ini Resep Kue Kering Lebaran yang Enak dan Murah

7. Berkebun

berkebun

Berkebun

Jika di rumah kamu memiliki halaman kosong, ubah menjadi kebun menjadi ide yang bagus. Waktu berkebun ini bisa kamu dan keluarga lakukan saat ngabuburit pada sore hari. Tanamlah pohon yang rindang, pohon buah, sayur mayur, atau juga bunga-bunga.

Mini kebun yang kamu dan keluarga buat akan menjadi pemandangan yang lebih indah dan hasil kebun bisa dipanen dan langsung dimasak.

8. Buat Kerajinan Tangan

Daripada hanya bengong-bengong saja, lebih baik ngabuburit dengan membuat kerajinan tangan sambil menunggu waktu berbuka puasa. Kerajinan tangan ini bisa langsung kamu pajang untuk menghiasi dinding atau meja pojok yang ada di rumah. Jangan salah, hasil kerajinan tangan juga bisa kamu jual.

Banyak ragam kerajinan tangan yang bisa kamu coba buat dengan bahan-bahan bekas, misalnya saja  buat anyaman dari koran bekas kemudian kamu cat dengan warna yang cantik, bingkai foto dari stik eskrim, lampu hias dari botol, pot bunga dari botol bekas yang dicat dan sebagainya.

9. Bermain Game

Kegiatan ngabuburit seru lainnya adalah bermain game. Banyak game keluarga yang bisa dicoba baik online atau offline. Game online seperti mobile lagend, ludo, ular tangga dan sebagainya. Sementara game keluarga lainnya, yaitu Uno Stacko, tebak teka-teki, congklak, biji bekel dan masih banyak lainnya.

10. Main Tik Tok

tik tok

Main Tik Tok

Jika kamu dan keluarga aktif dan suka berjoget, main Tik Tok bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi waktu ngabuburit di rumah. Pilihlah gerakan Tik Tok yang menarik dan bisa dilakukan bersama keluarga. Jangan lupa edit dan tambahkan dengan fitur Tik Tok lainnya.

Pilih Kegiatan yang Disukai

Meski di rumah aja bukan berarti kamu dan keluarga tidak bisa melakukan apa-apa saat ngabuburit. Banyak kegiatan seru lainnya yang bisa dilakukan bersama keluarga. Agar tidak bosan, lakukan kegiatan ngabuburi di atas secara bergantian di setiap harinya dan pilihlah kegiatan ngabuburit yang paling disuka dan seru.

Baca Juga: 7 Cara Efektif Mencegah Perut Kembung Saat Puasa

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement