Senin 04 May 2020 12:14 WIB

Anggota Dewan Prihatin Ada Petugas Medis Corona Dicaci Maki

Warga diharapkan tak persulit petugas medis yang melakukan penyelidikan epidemiologi.

Petugas medis COVID -19 (ilustrasi).
Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Petugas medis COVID -19 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Ketua Komisi D Bidang Kesejahteraan Rakyat DPRD Kota Surabaya Khusnul Khotimah meminta agar warga mendukung upaya pelacakan penularan virus Corona. Warga diharapkan tidak mempersulit petugas medis yang melakukan penyelidikan epidemiologi terhadap orang dalam pemantauan atau orang yang pernah melakukan kontak dengan pasien Covid-19.

"Kami turut prihatin dan sedih di masa pandemi ini masih ada masyarakat yang memaki atau memarahi petugas medis," katanya di Surabaya, Senin.

Baca Juga

Ia mengatakan, peran petugas medis menemukan kasus Covid-19 melalui penyelidikan epidemiologi berperan sangat penting dalam upaya memutus rantai penularan virus Corona.

Khusnul juga menyemangati para petugas medis yang bertugas melakukan penelitian epidemiologi. Menurut Khusnul, tugas mereka bernilai ibadah.

Petugas medis Puskesmas Krembangan Selatan Ach. Fiqqy Fierly sebelumnya mengaku sering kali dimarahi dan dicaci oleh orang dalam pemantauan atau orang yang pernah melakukan kontak dengan pasien Covid-19 saat melakukan pelacakan kasus.

Pada masa awal menjalankan tugas melacak kasus, Fiqqy berkali-kali disebut sebagai orang gila, tidak ada kerjaan, dan sebutan lain yang tidak mengenakkan hati. "Yang paling sulit itu ketika ada OTG dan tidak sadar bahwa dirinya sakit, sehingga dia menolak untuk diisolasi dan diobati. Mereka selalu bilang saya ini sehat, kenapa harus diobati. Nah, yang seperti ini yang sangat butuh perjuangan. Luar biasalah pokoknya," katanya

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement