Senin 04 May 2020 11:22 WIB

Jasa Marga Pastikan Proyek Tol Tetap Berjalan

Proyek yang tetap berjalan di antaranya Tol JORR 2 dan Tol Cinere-Serpong.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolandha
Pekerja dengan mengendarai kendaraan melintas di proyek pembangunan ruas tol Cinere - Cengkareng atau Tol Jakarta Outer Ring Road II (JORR II) sesi ruas Serpong - Kunciran di Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (27/11/2018).
Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Pekerja dengan mengendarai kendaraan melintas di proyek pembangunan ruas tol Cinere - Cengkareng atau Tol Jakarta Outer Ring Road II (JORR II) sesi ruas Serpong - Kunciran di Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (27/11/2018).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Jasa Marga (Persero) Tbk memastikan pekerjaan konstruksi proyek jalan tol yang dibangun di tengah pandemi Covid-19 tetap berjalan. Direktur Pengembangan Jasa Marga Adrian Priohutomo mengatakan hal tersebut dilakukan dengan menerapkan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan dan proyek sesuai dengan Instruksi Menteri PUPR nomor 02/IN/M/2020 tanggal 27 Maret 2020 tentang Protokol Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dalam Penyelenggaraan Jasa Konstruksi.

“Prinsipnya, tidak ada penghentian proyek. Meski kecepatan penyelesaian pekerjaan terpengaruh akibat Covid-19, namun kami terus melaksanakan pekerjaan di lapangan,” kata Adrian, Senin (4/5).

Baca Juga

Dia menegaskan hal tersebut dilakukan dengan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan kantor anak perusahaan dan proyek jalan tol sesuai dengan protokol kesehatan. Dia memastikan, setiap proyek menerapkan protokol tindakan isolasi hingga kerja sama penanganan suspect Covid-19 dengan rumah sakit dan puskesmas setempat.

Di tengah terjadinya penyesuaian jadwal penyelesaian konstruksi, Adrian mengatakan sejumlah proyek jalan tol baru tetap selesai pada tahun ini. “Di antaranya adalah bagian dari Jalan Tol JORR 2, Jalan Tol Cinere-Serpong, Jalan Tol Kunciran-Cengkareng, dan Jalan Tol Manado-Bitung,” ungkap Adrian.

Selain itu, dia menuturkan, Jasa Marga juga menargetkan penyelesaian konstruksi beberapa jalan tol yang sudah beroperasi sebagian. Beberapa diantaranya seperti Jalan Tol BORR Seksi IIIA Sp. Yasmin-Semplak serta Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Seksi I Km 13-Samboja dan Seksi V Km 13-Sepinggan.

Dia mengungkapan akan terus meningkatkan pelayanan konstruksi serta pengelolaan jalan tol di seluruh Indonesia. “Ini untuk mendukung fungsi strategis sebagai penghubung antarwilayah dan penggerak ekonomi untuk mempercepat distribusi barang dan orang,” jelas Adrian.

Saat ini, Jasa Marga juga membentuk Satuan Tugas Pencegahan Covid-19, penyediaan fasilitas pencegahan, dan pelaksanaan edukasi untuk menjaga diri dari Covid-19. Dia menuturkan, Jasa Marga juga melaksanakan pengukuran suhu tubuh secara rutin bagi semua orang yang berada di lingkungan proyek, menerapkan prinsip physical distancing, serta penyemprotan disinfektan pada sarana dan prasarana kantor dan lapangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement