Thursday, 5 Syawwal 1441 / 28 May 2020

Thursday, 5 Syawwal 1441 / 28 May 2020

Bagaimana Sholat yang Benar Sesuai Tuntunan Nabi Muhammad?

Senin 04 May 2020 10:21 WIB

Rep: Imas Damayanti / Red: Karta Raharja Ucu

Buku Memahami Arti Bacaan Shalat

Buku Memahami Arti Bacaan Shalat

Foto: Tangkapan Layar
Meresapi makna bacaan sholat yang biasa diucapkan sehar-hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meski mayoritas umat Islam teguh mendirikan ibadah sholat, tak sedikit yang belum mengerti makna bacaan sholat secara mendalam. Lantas seberapa mengerti dan memahami bacaan gerakan sholat kita?

Buku Memahami Arti Bacaan Shalat karya Muhammad Masrur mengupas detail mengenai makna bacaan sholat yang mendalam. Kaum Muslimin yang membaca buku ini diajak untuk meresapi makna bacaan sholat yang biasa diucapkan sehari-hari dalam lafaz bahasa Arab.

Pemahaman bacaan
sholat dalam buku ini meliputi gerakan-gerakan dan bacaan sholat. Antara lain, takbiratul ihram, doa iftitah, surah al-Fatihah, rukuk, iktidal, sujud pertama, duduk di antara dua sujud, tasyahud awal, tasyahud akhir, hingga salam, dan qunut.

Tak hanya menjabarkan mengenai arti dari bacaan sholat yang ada, buku ini juga melengkapi narasinya dengan tulisan latin dari bacaan sholat  berbahasa Arab. Karena itu, bagi kaum Muslimin yang belum bisa membaca tulisan Arab, buku ini cukup memudahkan pembacanya.

Lebih lanjut, buku ini juga menjabarkan tentang tata cara bagaimana
sholat yang benar sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW. Dijabarkan bagaimana dalil-dalil yang melandasi tuntunan tata cara sholat tersebut hingga dilengkapi dengan terjemahan kata per kata mulai dari takbiratul ihram sampai salam.

Selain dilengkapi dengan bacaan dan terjemahan yang memadai, buku ini pun juga melengkapi lembar per lembarnya dengan sajian gambar yang dapat memudahkan pembaca untuk mengerti suatu pembahasan. Misalnya dalam membahas doa sujud pertama, gambar yang disajikan adalah orang yang tengah bersujud dengan gambaran merujuk pada tuntunan
sholat Nabi.

Dalam tata cara bersujud yang benar misalnya disebutkan, orang yang mendirikan
sholat meletakkan dua telapak tangan sejajar dengan kedua pundak atau sebanding wajah mendekati telinga. Kemudian jari jemari dirapatkan, lengan tangan dan siku diangkat atau tidak dihamparkan.

Judul buku : Memahami Arti Bacaan Shalat
Penulis : Muhammad Masrur
Penerbit : El-Bukhari Institute
Jumlah hal. : 81 halaman
Tahun cetak : Januari, 2020
Harga : Rp 50 ribu

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA