Senin 04 May 2020 07:45 WIB

Sekolah Semesta Gelar Wisuda Daring di Tengah Pandemi

Peserta yang hadir mencapai 200 orang yang sebagian besar dari civitas akademika.

Covid-19 (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Covid-19 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Bertepatan dengan berakhirnya pembelajaran untuk kelas 9 dan 12 serta ditiadakannya Ujian Nasional (UN), Sekolah Semesta mengadakan sebuah acara yang unik pada awal Mei ini. 

Sekolah Semesta sebagai salah satu sekolah unggulan berasrama di kota Semarang mengadakan wisuda daring bagi para siswa-siswinya.  Acara yang bertajuk Virtual Graduation ini merupakan sebuah alternatif acara perpisahan sekolah di tengah pandemi virus corona. Acara ini menggunakan Aplikasi Zoom dan Youtube Streaming. 

Peserta yang hadir mencapai 200 yang sebagian besar dari civitas akademika Sekolah Semesta, tamu undangan, murid dan wali murid kelas 9 dan 12 SMP-SMA Semesta. Jumlah total murid yang diwisuda sejumlah 111 anak. 

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama, sambutan dari berbagai pihak, menampilkan video hasil karya siswa dan prosesi wisuda yang pastinya dilakukan secara virtual. 

Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Gunawan Saptogiri, mengucapkan selamat atas kelulusan para siswa dan optimis para siswa bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. General Manager Sekolah Semesta Iskandar Mulia pada pembukaan virtual graduation juga mengucapkan selamat atas kelulusan siswa-siswi kelas 9 SMP dan 12 SMA Sekolah Semesta Tahun Ajaran 2019/2020.

Ia menyampaikan rasa bangga atas pencapaian dan prestasi anak-anak kelas 9 dan 12 yang telah sukses menjalankan studinya dan telah menyelesaikan sebagian dari perjalanan hidup dengan pencapaian besar dan kenangan yang indah. "Walaupun telah resmi lulus, Sekolah Semesta akan tetap menjadi rumah dan selalu terbuka untuk semuanya," kata Iskandar di akhir pidatonya.

Sekolah Semesta yang memiliki jenjang pendidikan dari PG , TK, SD, SMP hingga SMA ini baru kali ini melakukan wisuda secara daring. Sekolah yang juga baru membuka cabang SMP Semesta non Boarding di kawasan Candi Golf Semarang ini untuk acara wisuda biasanya dilakukan di hotel. Tetapi karena wabah Covid-19 dan untuk mematuhi anjuran pemerintah untuk tidak membuat kerumunan massa maka sekolah Semesta berusaha agar tetap bisa melepas siswa siswinya dengan berkesan. 

Aniqi, perwakilan dari siswi kelas 12 menyampaikan kesannya saat Virtual Graduation. Aniqi menyebutkan bahwa adanya Virtual Graduation ini cukup menghangatkan hati, karena diberikan kesempatan untuk berkumpul bersama dan menjalin silaturahmi walau terpisah jarak dan tempat.

Namun Aniqi menambahkan bahwa acara ini adalah suatu hal yang patut disyukuri oleh semuanya dan mewakili teman-teman lainnya Aniqi menyampaikan rasa terima kasih dan rasa bangga karena Sekolah Semesta memiliki berbagai cara untuk bisa memberikan yang terbaik bagi seluruh siswa-siswinya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement