Ahad 03 May 2020 20:27 WIB

Kemendikbud: Tak Masalah Target Kurikulum Belum Tercapai

Kemendikbud mengingatkan guru yang terpenting anak menikmati proses belajar di rumah.

Guru SD melakukan proses belajar mengajar (PBM) dengan siswa melalui aplikasi media daring di rumahnya.
Foto: ANTARA/Arif Firmansyah
Guru SD melakukan proses belajar mengajar (PBM) dengan siswa melalui aplikasi media daring di rumahnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (PAUD Dikdasmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hamid Muhammad meminta para guru untuk tidak terfokus padamenyelesaikan capaian kurikulum atau ketuntasan belajar. Pada situasi krisis, hal terpenting adalah proses belajar.

"Pada saat situasi darurat ini (pandemi Covid-19), tidak masalah bagi guru-guru yang belum mencapai target kurikulumnya, karena yang terpenting dari proses belajar bukan soal ketuntasan belajar melainkan anak-anak yang bahagia menjalani proses belajarnya di rumah," ujar Hamid dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Ahad (3/5).

Baca Juga

Dia menambahkan pembelajaran di rumah tidak hanya pelajaran secara akademis, tetapi juga pendidikan karakter melalui keluarga.

Di rumah, anak-anak bisa melakukan beragam aktivitas. 

Anak-anak dengan pendampingan orang tua harus mempunyai aktivitas pembelajaran meskipun berada di rumah seperti membaca, mengerjakan tugas yang diberikan guru, dan kegiatan positif lainnya. "Ini penting untuk mengurangi tekanan dan kejenuhan di rumah," kata Hamid.

Selain itu, banyak kecakapan hidup yang bisa dipelajari dan dipraktikkan selama di rumah. Perpaduan antara penguasaan ilmu pengetahuan dan budi pekerti diyakini mampu menjadi pondasi dalam mencetak SDM unggul Indonesia.

"Pendidikan kecakapan hidup, seperti membantu orang tua membersihkan rumah, memasak, dan berkebun. Sementara itu, penjelasan tentang COVID-19, bagaimana karakteristiknya, pola penyebarannya, dan bagaimana cara menghindarinya adalah contoh pendidikan kontekstual," kata dia lagi.

Mencetak manusia unggul bukan hanya tanggung jawab sekolah, melainkan juga keluarga dan masyarakat secara menyeluruh. Menurut dia, selama ini banyak keluarga yang cenderung tidak siap menjadi 'guru' bagi anak-anaknya. 

Sebagian besar urusan pendidikan diserahkan ke sekolah. Padahal yang diperlukan adalah kolaborasi antara guru, siswa dan orang tua.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement