Ahad 03 May 2020 16:26 WIB

Eddy Soeparno: Rakernas PAN akan Bicarakan Isu-Isu Terkini 

Isu-isu terkini tersebut di antaranya Perppu Keuangan Negara dan RUU Ciptaker.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Ratna Puspita
Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno
Foto: Republika/Febrianto Adi Saputro
Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Partai Amanat Nasional (PAN) akan menggelar rapat kerja nasional  I (PAN), Selasa (5/5). Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno mengatakan dalam Rakernas I PAN juga akan membahas isu-isu terkini.

"Selain bahas konsolidasi internal dan bahas peraturan partai yang akan diputuskan dalam rakernas, tentu kita akan membahas isu-isu nasional yang penting untuk dibahas bersama-sama dengan pimpinan wilayah dan pimpinan daerah PAN di seluruh Indonesia," kata Eddy dalam konferensi pers yang ditayangkan secara daring, Ahad (3/5).

Baca Juga

Eddy menuturkan, salah atau isu yang penting dibahas adalah bagaimana padangan PAN terhadap pelaksanan peraturan pengganti undang-undang (Perppu) Nomor 1 tahun 2020 tentang Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan. Termasuk pembahasan terkait omnibus law Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja (RUU Ciptaker).

"Ini adalah pembahasan yang kita antisipasi akan meramaikan rakernas kita dan kita kemudian membuat sebuah pandangan yang resmi dari PAN  terkait isu-isu yang penting yang perlu disampaikan kepada masyarakat agar masyarakat mengetahui posisi politik PAN terkait isu-isu penting tersebut bagaimana," jelasnya.

Sebelumnya Ketua SC Rakernas I PAN Viva Yoga Mauladi mengungkapkan bahwa pada rakernas Selasa mendatang PAN akan membicarakan beberapa agenda. Di antaranya, menjabarkan hasil kongres dalam bentuk program kerja pemenangan pemilu.

Kemudian merumuskan dan menetapkan kebijakan partai dalam setahun sebagai bagian dari penjabaran hasil kongres, serta menetapkan perubahan peraturan partai, seperti  Peraturan Partai (PP) tentang Perkaderan, PP tentang Permusyawaratan di Wilayah, Daerah, Cabang, dan Ranting, PP tentang Hubungan Partai dengan Kader di Lembaga Legislatif dan Eksekutif. Selain itu PP tentang Pengelolaan Aset Partai, PP tentang Rencana Program Pemenangan Pemilu 2024, dan PP tentang Mahkamah Partai.

"Rakernas I PAN akan di buka secara resmi oleh Ketua Umum DPP PAN, Zulkifi Hasan. Dalam acara tersebut akan ada sambutan dari Ketua Majelis Penasihat Partai (MPP) DPP PAN, Hatta Rajasa, dan dari Ketua Dewan Kehormatan DPP PAN, Soetrisno Bachir," ungkapnya.

PAN rencananya akan menggelar Rakernas I melalui video conference. Sebanyak 645 peserta akan ikut dalam video conference tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement