Ahad 03 May 2020 12:39 WIB

Polri: Pemudik Masih Berusaha Kelabui Petugas

Pemudik berusaha mengelabui pemeriksaan petugas Operasi Ketupat 2020

Polisi memeriksa sopir truk barang dalam razia pengamanan dan penyekatan wilayah terdampak COVID-19
Foto: ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo
Polisi memeriksa sopir truk barang dalam razia pengamanan dan penyekatan wilayah terdampak COVID-19

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA  - Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono mengatakan masih ada pemudik yang berusaha mengelabui pemeriksaan petugas Operasi Ketupat 2020 dengan berbagai cara.

"Beberapa fenomena yang terjadi dalam mudik ini, banyak yang masih melakukan pengelabuan terhadap petugas di lapangan, baik menggunakan travel bahkan truk yang memuat orang, yang seharusnya tidak perlu mereka lakukan seperti itu," kata Irjen Istiono saat memantau cek poin di depan City of Tomorrow Mall, Surabaya, Ahad (3/5)

Hal itu diketahui dari hasil pengecekan Korlantas Polri di sejumlah cek poin. Pihaknya pun mengajak masyarakat untuk menahan diri agar tidak mudik dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini.

"Kami semua menggugah kesadaran masyarakat untuk tidak melakukan itu semuanya (mengelabui petugas agar bisa mudik)," katanya.

 

Ia menambahkan, selama Operasi Ketupat 2020, tercatat data pelanggaran lalu lintas semakin menurun.

"Dari hari ke hari sudah semakin turun, sudah cukup bagus. Harapannya, semakin hari semakin tidak ada lagi yang berminat mudik untuk mencegah Covid-19," tutur jenderal bintang dua ini.

Demikian juga jumlah pemudik dari Jakarta yang menuju ke Jawa Tengah dan Jawa Timur kian hari semakin menurun. Para petugas yang bertugas dalam Operasi Ketupat bersiaga di pos-pos cek poin selama 24 jam secara bergantian untuk mencegah warga mudik dan menyosialisasikan cara untuk mencegah penularan Covid-19.

Pada Jumat (1/5), Kakorlantas Polri Irjen Istiono dan rombongan mengecek pelaksanaan Operasi Ketupat 2020 setelah operasi digelar selama sepekan.

Jalur yang dipantau mulai dari Jakarta melalui Tol Trans Jawa hingga Pejagan, Brebes, Jawa Tengah. Di Brebes, Kakorlantas mengecek pos penyekatan di gerbang keluar Tol Pejagan dan cek poin Kecipir, Losari. Pengecekan dilanjutkan dengan menuju ke Kota Semarang melalui Tol Trans Jawa.

Pada Sabtu (2/5), pengecekan berikutnya yakni pos penyekatan di gerbang masuk Tol Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah; gerbang Tol Ngawi, Jawa Timur; cek poin Waru, Sidoarjo dan cek poin City of Tomorrow Mall, Surabaya. Kemudian pada Ahad (3/5) pengecekan selanjutnya di gerbang Tol Kalikangkung, Semarang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement