Ahad 03 May 2020 01:11 WIB

Danone-AQUA terus Jaga Keberlanjutan Produksi dan Pasokan

Danone-Aqua terus meningkatkan standar kebersihan dan kesehatan yang ketat.

Minuman air kemasan Aqua
Foto: Istimewa
Minuman air kemasan Aqua

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di tengah kondisi pandemi saat ini, dimana banyak kota dan provinsi yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), kebutuhan akan produk air kemasan yang sehat bagi masyarakat terus diperlukan.  Sebagai pionir produk air mineral kemasan, Danone AQUA tetap dapat menyediakan air minum sehat untuk masyarakat Indonesia.

Meski Pembatasan Sosial Berskala Besar di beberapa lokasi mengharuskan aktifitas produksi beberapa sektor industri harus berhenti sementara dan karyawan dianjurkan untuk bekerja dari rumah, beberapa sektor industri esensial tetap beroperasi di tengah kondisi pandemi saat ini.

Salah satu industri yang tetap beroperasi tersebut adalah produsen air minum dalam kemasan, Danone-AQUA. Danone-AQUA masih tetap hadir di tengah masyarakat untuk tetap memastikan keberlanjutan produksi dan ketersediaan pasokan air mineral serta terus menjaga kebutuhan hidrasi masyarakat Indonesia.

Implikasinya, perusahaan harus menerapkan kebijakan-kebijakan yang ketat untuk terus dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen serta melindungi kesehatan dan keselamatan karyawan dan pekerjanya.

Terkait hal tersebut, Corporate Communication Director Danone Indonesia, Arif Mujahidin menjelaskan, salah satu prioritas dengan terus memastikan tersedianya produk Aqua pada kondisi saat ini. Pihaknya berkomitmen untuk terus menyediakan pasokan produk tidak hanya untuk konsumen tetapi juga bagi tenaga kesehatan serta mereka yang terdampak saat ini.

"Namun di saat yang sama, kami tetap fokus melindungi kesehatan dan keselamatan karyawan yang masih harus bekerja di proses produksi maupun bidang layanan penjualan," kata Arif, dalam rilisnya, Sabtu (2/5).

Untuk itulah, perusahaan menerapkan berbagai protokol kesehatan yang lebih diperketat selama pandemi COVID-19 di Indonesia, jelas Arif. Setelah munculnya pandemi COVID-19 di Indonesia, Danone-AQUA melakukan kebijakan tambahan yang cepat untuk menyesesuaikan diri dengan terus meningkatkan standar kebersihan dan kesehatan yang ketat.

Ketut Muwaranata selaku Kepala Pabrik PT. Tirta Investama (AQUA) Klaten menjelaskan, sebelum masuk lokasi produksi, karyawan harus melakukan pengukuran suhu tubuh menggunakan alat deteksi suhu badan digital. Karyawan yang memiliki suhu tubuh tinggi tidak diperkenankan untuk bekerja dan dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan kemudian beristirahat di rumah.

Selain itu, karyawan juga harus melalui proses penyemprotan cairan desinfektan, wajib mencuci tangan sebelum beraktivitas, serta menggunakan alat keselamatan dan alat pelindung diri dan keselamatan kerja. Tidak hanya memperketat aturan kebersihan dan kesehatan, Danone-AQUA juga menerapkan jarak aman selama di lokasi kerja.

Dengan menerapkan jarak minimal dua meter jauhnya dan tidak melakukan kontak fisik antar sesama karyawan. Selain itu, di setiap sudut pabrik telah disertai panduan garis dan titik untuk jarak aman berdiri.

"Sehingga karyawan dapat mengikuti panduan tersebut selama proses produksi berlangsung tanpa kekhawatiran,” tambah Ketut.

Tak hanya menjaga kualitas hasil produksi, Danone-AQUA juga berkomitmen untuk menjaga kualitas produk dari sumber air hingga produk di tangan konsumen. Dalam kondisi pandemi saat ini, dimana pemerintah memberi imbauan untuk tetap berada di dalam rumah dan mengurangi aktivitas di luar, agen distributor dan mitra AQUA Home Service (AHS) memiliki peran penting agar pendistribusian produk berjalan lancar hingga sampai ke tangan konsumen.

Untuk itu, beberapa kebijakan dan aturan yang telah ditetapkan Danone-AQUA untuk menghadapi pandemi ini juga harus ditaati dan diterapkan oleh para agen distributor dan mitra AHS. Beberapa diantaranya adalah wajib menggunakan masker, mencuci tangan secara berkala, dan membawa hand sanitizer saat mengantar produk ke rumah konsumen.

Selain itu, Danone di Indonesia melalui dua bisnisnya, Danone-AQUA dan Danone Specialized Nutrition juga telah menyalurkan bantuan untuk mengatasi pandemik COVID-19 di Indonesia dengan jumlah total Rp 30 miliar.

Bekerjasama dengan berbagai pihak, sejumlah bantuan ini disalurkan dalam bentuk uang tunai, alat kesehatan dan keselamatan, serta produk Danone yang akan dikirimkan ke sejumlah rumah sakit yang menangani COVID-19 di Indonesia serta diberikan kepada mereka yang terdampak dan rawan terdampak pada kondisi saat ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement