Sabtu 02 May 2020 19:27 WIB

Tiga Cara Memelihara Silaturahim

Nabi bersabda, siapa ingin dilapangkan rezekinya, hendaklah menyambung silaturahim.

Ilustrasi Silaturahim
Foto: Foto : MgRol_92
Ilustrasi Silaturahim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- "Barangsiapa ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturahim" (HR Bukhari-Muslim). Demikian sabda Nabi Muhammad SAW.

Beliau juga menasihati, "Ar-rahim itu tergantung di Arsy. Ia berkata, 'Barangsiapa yang menyambungku, maka Allah akan menyambungnya. Dan barangsiapa yang memutusku, maka Allah akan memutus hubungan dengannya" (Muttafaqun ‘alaih).

Baca Juga

Ada beberapa cara untuk dalam memelihara silaturrahim.

Pertama, saling mengunjungi dan berkomunikasi. Ini dilakukan kepada orang yang dikenal maupun yang belum dikenal. Melalui kunjungan dan komunikasi, maka hubungan kasih sayang kian terawat. Antara mereka yang telah saling kenal, ini dapat menimbulkan kehangatan. Adapun bila belum saling mengenal, sapaan dapat menciptakan hubungan silaturahim baru. Minimal, menyapa dengan senyuman.

Kedua, memberikan hadiah secara tulus. Islam mendorong tiap Muslim untuk memberikan sesuatu yang terbaik dari miliknya kepada sesama. Ini sebagaimana hadis Nabi SAW, "Tidak beriman seorang Mukmin hingga ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri." Bukti cinta tersebut antara lain ialah memberikan sesuatu yang disayanginya kepada orang lain.

Ketiga, saling memaafkan. Sikap ini dicontohkan Nabi Muhammad SAW. Beliau pernah diperlakukan kasar dan bahkan diusir dari kota kelahirannya oleh orang-orang musyrikin.  Namun, saat penaklukan Makkah, Rasul SAW memaafkan mereka yang pernah menyakitinya.

Sikap memaafkan sangat dianjurkan dalam Islam. Ingatlah firman Allah SWT dalam surah al-A'raf ayat 199. Artinya, "Jadilah engkau pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang makruf, serta berpalinglah daripada orang-orang yang bodoh."

Memelihara silaturrahim diwujudkan pula dengan mendoakan sesama Muslim agar diberikan Allah kebaikan dan keselamatan hidup di dunia dan akhirat. Inilah cara memelihara silaturrahim yang diajarkan Islam kepada umatnya yang seyogianya kita praktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

sumber : Hikmah Republika oleh Firdaus
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement