Sabtu 02 May 2020 19:09 WIB

Tiga Level Niat dalam Beribadah

Menurut Imam Nawawi, ada tiga level niat dalam beribadah.

Ibadah dilandasi dengan niat (ilustrasi)
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Ibadah dilandasi dengan niat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang ulama besar, Imam Nawawi, pernah mengatakan, niat seseorang dalam beribadah dapat dikategorikan dalam beberapa tingkatan.

Pertama, melakukan suatu perintah karena takut kepada Allah SWT. Dalam arti, orang ini takut terhadap siksa-Nya. Level ini dapat dibenarkan karena cukup banyak ayat Alquran atau hadis Rasulullah SAW yang mengisyaratkan perlunya rasa takut (khauf) dalam menjalankan perintah Allah Ta'ala. Orang yang melaukan ibadah dengan niat demikian bak hamba sahaya terhadap Tuannya.

Baca Juga

Kedua, melakukan kewajiban agama dalam rangka berupaya mencari keuntungan. Keuntungan yang dimaksud adalah pahala dari Allah SWT. Ujungnya, surga yang dijanjikan-Nya. Sikap seperti ini pun dibolehkan dalam beribadah. Sebab, cukup banyak ayat Alquran dan hadis Nabi SAW yang membenarkan sikap demikian.

Ketiga, melaksanakan ibadah karena rasa malu kepada Allah. Orang dalam level niat ini semata-mata menjalankan perintah-Nya sebagai manifestasi dari syukur kepada Allah SWT. Begitu pula, ia selalu merasa dirinya rendah di hadapan Allah. Hatinya dipenuhi rasa rindu (raja' ) kepada Rabb semesta alam.

 

Inilah tipe ibadah yang berkualitas ikhlas; level tertinggi sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah SAW.

Suatu ketika, Aisyah bertanya, "Ya Rasulullah, mengapa engkau selalu melaksanakan shalat malam hingga kakimu menjadi lecet? Bukankah Allah telah mengampuni dosamu yang telah lalu dan akan datang?"

Beliau menjawab, "Apakah aku tidak boleh menjadi hamba yang pandai bersyukur kepada Rabb-ku."

Nyatalah bahwa kualitas ikhlas tertinggi dibuktikan niat yang tertinggi pula. Niatan itu semata-mata mengharapkan ridha Allah Ta'ala. Niat yang disertai rasa syukur dan rindu kepada-Nya.

sumber : Hikmah Republika oleh Firdaus
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement