Sabtu 02 May 2020 02:09 WIB

Klub-Klub Liga Inggris Tegaskan Komitmen Selesaikan Musim

Liga Inggris menghadapi potensi kerugian sekitar satu miliar pound (Rp 19 triliun).

Pemain Liverpool Sadio Mane (kanan) berebut bola dengan pemain Bournemouth Jack Stacey dalam laga Liga Inggris (ilustrasi). Klub-klub Liga Inggris menyampaikan komitmen melanjutkan kompetisi musim ini.
Foto: REUTERS/Phil Noble
Pemain Liverpool Sadio Mane (kanan) berebut bola dengan pemain Bournemouth Jack Stacey dalam laga Liga Inggris (ilustrasi). Klub-klub Liga Inggris menyampaikan komitmen melanjutkan kompetisi musim ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Klub-klub Liga Inggris pada Jumat (1/5) menegaskan kembali komitmen mereka untuk menyelesaikan musim 2019/2020 yang ditangguhkan karena pandemi Covid-19, meski terdapat kekhawatiran di kalangan para pemain. Liga Inggris menghadapi potensi kerugian sekitar satu miliar pound (Rp 19 triliun) jika sepak bola tidak dimainkan lagi akibat pandemi global.

Memainkan 92 pertandingan tersisa tanpa kehadiran penonton akan meminimalisasi kerugian, di mana operator Liga Inggris terhindar dari kewajiban membayar puluhan juta pound kepada televisi yang memiliki hak siar. Namun Liga Inggris menghadapi masalah-masalah logistik untuk dapat memulai kembali jalannya liga, di mana Inggris menjadi salah satu negara yang paling terdampak akibat Covid-19.

Baca Juga

Pihak liga dan klub-klub telah mendiskusikan langkah-langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan musim pada pertemuan yang berlangsung Jumat waktu setempat.

"Liga dan klub-klub mempertimbangkan langkah-langkah tentatif pertama untuk dilakukan dan hanya akan kembali berlatih dan bermain dengan panduan pemerintah, di bawah masukan ahli medis, dan setelah berkonsultasi dengan para pemain dan manajer," demikian pernyataan Liga Inggris seperti dikutip AFP.

"Klub-klub menegaskan kembali komitmen mereka untuk menyelesaikan musim 2019/2020, memelihara integritas kompetisi, dan menyambut dukungan pemerintah," tambahnya.

Pemerintah Inggris akan meninjau kebijakan lockdown pada 7 Mei, dan Perdana Menteri Boris Johnson pada Kamis berjanji akan menyediakan peta jalan untuk melonggarkan sejumlah pembatasan.

Liverpool berada di ambang meraih gelar juara liga pertama mereka selama 30 tahun, dengan keunggulan 25 poin di puncak klasemen.

Bagaimanapun, Liga Inggris berpeluang menghindari tuntutan-tuntutan hukum terkait memberikan tiket kompetisi Eropa, promosi, dan degradasi, jika musim kompetisi tidak dapat diselesaikan.

Kunci untuk meneruskan Liga Inggris adalah dukungan pemerintah. Sekretaris Negara untuk Digital, Kebudayaan, Media, dan Olahraga Oliver Dowden memberikan suara positif setelah bertemu petinggi sejumlah cabang olahraga pada Jumat.

"Kami baru melakukan pertemuan pertama dari pertemuan-pertemuan yang mendetail untuk merencanakan kembali bergulirnya olahraga-olahraga elit tanpa kehadiran penonton saat, dan hanya saat, situasi telah aman berdasarkan saran ahli medis," cicit Dowden.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement