Jumat 01 May 2020 17:08 WIB
Islam

Islam di Madura (Bagian 2)

Kiasah Islam di Madura

Madura Tempo dulu
Foto: troppen musseum
Madura Tempo dulu

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Pof DR Buya Hamka, Ulama dan Penulis Al Azhar

Setelah Ki Gede Pamanahan dapat pula merebut kuasa dari Pajang dan memindahkan sekalian lambang kebesaran Majapahit ke Mataram, kian terasalah perbedaan "Islam Pesisir" dengan "Islam Pedalaman”.

Dalam gelar yang dipakai oleh Sutowijaya putera Ki Gede Pamanahan yang menggantikan beliau (1575) telah nyata, bahwa kebudayaan Hindu pusaka lama hendak digabungkan dengan, kebudayaan Islam mistik, untuk menjadi dasar keagungan raja. Sutowijaya bergelar "Senopati ing Alogo" (Kepala Balatentara) ditambah dengan "Sayyidin Panatagama" (Yang dipertuan pengatur agama).

Kemudian setelah Senopati mangkat (1601), digantikan oleh puteranya Mas Jolang (mangkat 1613), dan dia digantikan pula oleh puteranya Mas Ransang.

 

Mas Ransanglah yang membentuk Filsafat Negara yang sejati, puncak kemegahan Mataram. Dia memakai gelar-gelar yang telah lebih menunjukkan keahliannya menggabungkan pusake lama (Hindu) dengan faham baru (Islam), laksana Kartanegara dahulu telah menggabung pula di antara agama Shiwa dengan Budha dicari kira-kira mana yang sama, lalu dibangun campuran baru yang tidak Hindu lagi, dan nyata tidak pula Islam.

Gelar "Senopati" pusaka neneknya tetap dipakai. "Senopati ing Alogo" ditambah dengan “Ngabdurrahman”. Ditambah lagi gelar lain, yaitum “Prabu Pandito Cokrokusumo", disebut juga "Hanyokrokusumo", dan pernah dikirimnya pula utusan ke Mekkah, agar Syarif Mekkah memberinya gelar Sultan!

Maka masyhurlah baginda dengan gelar Sultan Agung!

Dikarangnya sendiri filsafat pandangan hidupnya berupa nyanyian, yang terkenal dengan sebutan "Sastra Gending". Beliau menyuruh susun silsilah keturunannya daripada Nabi Adam dan Nabi Syis, tetapi juga keturunan sang Hyang Nur Cahaya dan sang Hyang Nur Rasa dan sang Hyang Nur Wening. Termasuk juga keturunan Batara Guru, sang Hyang Tunggal dan Brahmana dan Arjuna; tetapi ada juga hubungan dengan Hayam Wuruk dan Brawijaya. Sebab itu diapun keturunan Raden Patah dan Ariya Damar.

Madura: Jeugd van Madura - het door de TNI uitgehongerde en geterroriseerde eiland - door het Nederlandse Rode Kruis in nieuwe kleren gestoken, poseert vol trots voor de cameraman. Achter hen Rode Kruisman De Jong

     Keterangan Foto:  Warga Madura dalam arsip Belanda (foto:koleksi gahetna.nl).

Niscaya Ulama-ulama penyiar Islam, termasuk dua orang di antara 9 wali yang terkenal, atau keturunan yang menyambut mereka, yang hidup di Pesisir memandang bahwa "filsafat" yang ditimbulkan sultan ini membahayakan sangat bagi perkembangan Islam. Mereka mengakui bahwa ini adalah satu cara yang sangat cerdik. Sisa-sisa kehinduan menerima sebagai raja, karena baginda adalah "Prabu Pandita". Dan orang Islam pun rela pula, karena beliau adalah "Sultan Ngabdurrahman Sayyidin Panatagama”.

Oleh karena yang demikian, maka diperkuatlah "Girl" sebagai pusat memperteguh benteng Islam dan sebagai penyiar Islam. Daerah terdekat untuk menyiarkan Islam ialah Madura. Dari seluruh Indonesia bagian Timur datanglah penuntut ilmu ke Giri, atau Giri sendiri mengirim muballigh ke Ternate, dan ke pulau-pulau Nusatenggara. Sunan Giri diakui sebagai "Sultan Agama".

Beberapa Bupati merdeka di Jawa Timur telah terpengaruh oleh ajaran Giri. Di antaranya ialah Adipati Surabaya, Pangeran Fakih. Tetapi di samping membangun dasar Filsafat Negara yang demikian, Sultan Agung pun mempunyai cita hendak menyatukan seluruh tanah Jawa di bawah satu pemerintahan. Dia juga ingin memasukkan daerah Banten ke dalam kekuasaannya. Sedang Cirebon sudah takluk. Baginda pun memasukkan pengaruh juga keluar Jawa. Ke Palembang dan Jambi.

Orang Besar Indonesia itu menghadapi ujian berat. Sebab dia berhadapan dengan kekuatan Kompeni Belanda yang sedang tumbuh. Nafsu berkuasa baginda dan tantangan dari Jawa Timur terhadap baginda diketahui oleh Kompeni. Lawan Sultan Agung yang unggul ialah Yan Pieterzon Coen!

Pembantu utama dari Sultan Agung ialah seorang Ulama bergelar Khalifah Imam dan seorang ahli Tasawuf, Kiyahi Suro Dono! Demi setelah baginda mengetahui bahwa Kompeni hendak membuat kontak dengan bupati Surabaya, baginda mengirim tentara di bawah pimpinan Suroantani hendak menaklukkan Jawa Timur.

Mendengar tentara itu datang maka Adipati Surabaya dengan pimpinan rohani dari Sunan Giri mengadakan persatuan bupati-bupati yang sefaham. Bupati Lasem, Tuban, Japan, Wirosobo, Pasuruan dan Arisbaya (di Madura) dan Sumenep! Bukan saja mereka hendak bertahan, tetapi bersiap hendak menyerang Mataram. Pajang pun bersedia membantu. Sayang sampai di Pajang tentara itu kekurangan makanan, sehingga Sultan Agung dapat mengalahkannya (1615).

Setelah tentara itu dapat dikalahkan, Sultan Agung pula yang menyerang. Wirosobo direbutnya. Tetapi bandar-bandar sukar ditaklukkan. Karena angkatan laut baginda kurang kuat untuk mengepung dari laut. Lasem baginda rebut di tahun 1616.

Marto Loyo memimpin tentara baginda menaklukkan Pasuruan. Bupati Pajang yang memberi bantuan banyak sekali kepada pemberontak segera dapat ditundukkan. Tuban diduduki. Dan pada tahun 1622 baginda kirim tentara terdiri daripada 80.000 prajurit buat menaklukkan Surabaya. Tetapi karena kehabisan perbekalan terpaksa kembali. Tetapi Gresik dan Jaratan baginda hancurkan, sehingga sampai sekarang nama Jaratan itu tidak terdengar lagi.

Dua tahun di belakang itu (1624) baginda kirim pula tentara di bawah pimpinan Kiyahi Sujonopuro buat menaklukkan Madura. Madura waktu itu diperintah oleh lima orang bupati yang takluk kepada adipati Surabaya. Kelima kabupaten itu ialah Arisbaya, Pamekasan, Sumenep, Sampang dan Balega.

Madura bertahan dengan gagah perkasa. Kelima bupati bangun serentak, sehingga mulai saja tentara Mataram mendarat sudah terpukul mundur.

Lasykar Madura dari Balega menyerang dengan tiba-tiba tengah malam ke pusat pimpinan Mataram, sehingga tentara Mataram menjadi kocar-kacir dan kepala perang sendiri, Kiyahi Sujonopuro tewas terbunuh. Lantaran pukulan yang keras itu, tentara Mataram terpaksa bertahan dan berlindung saja sehingga datang bantuan baru. 

Sultan Agung mengirim bala bantuan baru di bawah pimpinan Kiyahi Juru Kiting. Karena bantuan baru itu dapatlah tentara Madura dikalahkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement