Yusuf Islam Sampaikan Ceramah Agama di BBC Selama Ramadhan

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah

 Jumat 01 May 2020 14:42 WIB

Cat Stevens alias Yusuf Islam menyampaikan ceramah agama di BBC selama Ramadhan. Foto: AP Cat Stevens alias Yusuf Islam menyampaikan ceramah agama di BBC selama Ramadhan.

BBC menyiarkan ceramah agama dan adzan selama Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON— Penyanyi sekaligus penulis lagu era 1970-an yang sebelumnya dikenal sebagai Cat Stevens, yang masuk Islam dan meninggalkan kehidupannya sebagai seorang musisi, akan mengisi serangkaian acara refleksi spiritual untuk BBC selama Ramadhan.  

Stevens mengubah namanya menjadi Yusuf Islam pada 1977, 10 tahun setelah perilisan album debutnya, Matthew and Son. 

Baca Juga

Di antara hit-hitnya yang paling sukses adalah Peace Train, Morning Has Broken, Father and Son, dan Wild World, sebagaimana dilansir The Guardian, Jumat (31/4).  Hatinya terketuk pada Islam setelah dia hampir mati karena TBC pada 1969 dan saat di laut yang membuatnya hampir tenggelam di California pada 1976. 

Kemudian setelah lama merenungkan spiritualitas dan iman, ia melepaskan karier musiknya.

Yusuf juga melelang semua gitarnya untuk amal dan mengabdikan dirinya untuk mengelola sekolah-sekolah Islam bagi anak-anak. 

Pada 2006 dia merilis album baru dengan nama Yusuf, dan album terbarunya, A Laughing Apple, muncul pada 2017 dengan nama Yusuf/Cat Stevens.

Dalam refleksi spiritual BBC, dia membaca Alquran dan menampilkan lagu-lagunya sendiri. Dalam refleksi 10 menit pertamanya, dia mengatakan, "Manusia, sejauh yang kita tahu, adalah satu-satunya makhluk duniawi yang harus hidup dengan pengetahuan tentang kefanaan mereka sendiri."

"Sekarang, bagi siapa pun yang memiliki pikiran, sulit untuk tidak mempertanyakan alasannya, atau untuk merenungkan apa yang mungkin berada di luar tembok terakhir yang harus kita panjat satu hari nanti," kata dia lagi.

Dalam pembicaraan kedua, dia berjanji untuk membahas bagaimana dia hampir mati yang kemudian membangunkan dirinya dan memulai perjalanan mencari makna. 

BBC menyiarkan serangkaian refleksi dan pembicaraan selama Ramadhan pukul 05.50 pagi pada Jumat di 14 stasiun radio lokal, yang juga tersedia di BBC Sounds.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X