Kamis 30 Apr 2020 23:23 WIB

Unhas Gelar MTQ Virtual

Unhas gelar MTQ Virtual sebagai dukungan gerakan di rumah saja.

Alquran Digital
Foto: Republika
Alquran Digital

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Hasanuddinmenyemarakkan Ramadhan 1441 Hijriah dengan menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) virtual pada 11-15 Mei 2020 sebagai dukungan terhadap gerakan 'di rumah saja'.

MTQ merupakan kegiatan rutin dari bidang kemahasiswaan Unhas yang digelar pada setiap bulan suci Ramadhan, namun pada Ramadan tahun ini sedikit berbeda mengingat adanya pandemi COVID-19 sehingga pelaksanaan MTQ digelar secara virtual atau menggunakan perangkat lunak internet.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof Dr drg A Arsunan Arsin MKes di Makassar, Kamis, mengatakan di tengah pandemi virus corona, seluruh kegiatan kemahasiswaan digelar virtual, termasuk MTQ.

"MTQ Virtual ini kami desain sedemikian rupa agar tetap mendukung gerakan di rumah saja. Seluruh tahapan kegiatan mulai dari pendaftaran hingga pelaksanaan lomba semua dilakukan tanpa ada interaksi fisik," ujar Prof Arsunan.

MTQ Virtual ini membuka kesempatan kepada seluruh mahasiswa aktif dengan empat cabang lomba, yaitu Musabaqah Tilawatil Quran (TQ), Musabaqah Syarhil Quran (SQ), Musabaqah Hifdzil Quran (HQ) dan Lomba Esai.

Untuk lomba Tilawatil Quran dan Syarhil Quran, peserta akan mengirimkan video yang kemudian akan dinilai oleh tim juri. Sementara untuk Hifdzil Quran, lomba akan dilaksanakan dengan aplikasi Zoom.

Adapun bentuk apresiasi kepada pemenang lomba berupa pemberian sertifikat dan uang pembinaan jutaan rupiah.

"Meskipun digelar virtual, kami berharap mahasiswa tetap antusias mengikuti kegiatan ini," tutup Prof Arsunan.

Bagi mahasiswa yang berminat, bisa melakukan pendaftaran dan melihat informasi di website kemahasiswaan.unhas.ac.id.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement