Kamis 30 Apr 2020 21:24 WIB

Kemensos Tunjuk BRI Salurkan BST Rp 316 Miliar

Program BST adalah salah satu upaya pertahankan daya beli masyarakat selama pandemi.

Menteri Sosial Juliari P Batubara (kanan) memberikan uang bantuan pemerintah kepada warga saat meninjau pencairan bantuan sosial tunai (BST) di Curug, Tangerang, Banten. (ilustrasi)
Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Menteri Sosial Juliari P Batubara (kanan) memberikan uang bantuan pemerintah kepada warga saat meninjau pencairan bantuan sosial tunai (BST) di Curug, Tangerang, Banten. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk bersama dengan Bank Himbara lainnya kembali ditunjuk oleh Kementerian Sosial (Kemensos) RI untuk menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada 528.320 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdampak secara ekonomi akibat penyebaran pandemic Covid – 19 di seluruh Indonesia. 

Corporate Secretary Bank BRI Amam Sukriyanto mengatakan, BRI mendapatkan kepercayaan untuk menyalurkan BST tahap 1 dengan besaran mencapai Rp 316 miliar. Adapun, data nama penerima bantuan tersebut sudah ditetapkan oleh Kemensos RI.

“Perseroan telah menyalurkan bantuan dimaksud secara keseluruhan pada tanggal 27–29 April 2020 lalu melalui fasilitas Mass Fund Transfer sebesar Rp 600 ribu ke rekening masing–masing,” ujar Amam di Jakarta, Kamis (30/4).

Penyaluran bantuan dilaksanakan di setiap wilayah Direktorat Penanganan Fakir Miskin Kemensos RI yang terbagi atas 3 wilayah penyaluran. Wilayah I yang mencakup Sumatera dan Jawa Barat, telah tersalurkan kepada 161.566 KPM senilai Rp 96,9 miliar.

Sementara itu, untuk Wilayah II, yang mencakup Banten, Jawa Tengah, DI Yogya, Kalimantan, Bali, NTB dan NTT, BRI menyalurkan kepada 204.118 KPM senilai Rp 122,4 miliar. Terakhir, Wilayah III, yang mencakup Jawa Timur, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi, Papua dan Papua Barat, telah disalurkan kepada 162,636 KPM dengan total bantuan senilai Rp 97,5 miliar.

 

“Program BST merupakan salah satu upaya mempertahankan daya beli masyarakat selama masa pandemi seperti sekarang ini. Kami akan terus mendukung implementasi program–progam pemerintah khususnya yang terkait langsung dengan penyaluran bantuan kepada masyarakat luas,” pungkas Amam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement