Kamis 30 Apr 2020 20:39 WIB

Pasien Covid 19 dari Klaster Gowa yang Jadi Perhatian

Pasien Covid 19 dari klaster Gowa menjadi perhatian karena jumlahnya bertambah.

Foto: Republika
Anggota Jamaah Tabligh (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kegiatan Ijtima Ulama Dunia 2020 yang digelar di Kecamatan Bontomarannu, Gowa, Sulawesi Selatan, sempat menjadi polemik pada pertengahan Maret lalu. Sebab, kegiatan yang dihadiri peserta bukan hanya dari Indonesia namun 12 negara di dunia itu, digelar ditengah pandemik Covid-19. Sejumlah daerah melaporkan pasien positif yang diketahui pernah menghadiri kegiatan tersebut. Klaster Gowa pun kini menjadi perhatian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19.

Berikut sejumlah daerah yang telah melaporkan pasien Covid 19 dari klaster Gowa (data hingga pertengahan April):

- Kalimantan Timur

Kasus positif Covid 19 pertama dari kluster ini dilaporkan pada 29 Maret. Seorang pria berusia 60 tahun asal Balikpapan, Kalimantan Timur, mengalami sakit dan dirawat di RSUD Kanujoso. Hasil tes swab menunjukan pasien itu positif Covid 19. Dilaporkan pasien baru kembali dari Gowa untuk mengikuti acara Ijtima Ulama Dunia 2020 Zona Asia. Pasien tersebut kemudian meninggal dunia. Awal April, dilaporkan ada empat pasien positif Covid 19 dari klaster Gowa

- Kalimantan Tengah

Awal April, Pemkab Kotawaringin Barat, Pangkalan Bun melaporkan kasus pertama Covid 19 dari klaster Gowa. Pertengahan April, Dinkes Barito Selatan melaporkan ada enam orang positif Covid 19 dari klaster Gowa.

- Kalimatan Utara

Hingga pertengahn April, dilaporkan ada 19 pasien positif Covid-19 dari klaster Gowa yang tersebar di beberapa daerah di Kalimantan Utara

- Jawa Tengah.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan, satu keluarga di Banyumas, Jawa Tengah terkonfirmasi positif Covid-19. Satu dari empat orang anggota keluarga itu, pernah mengikuti acara Ijtima Ulama di Gowa. Dilaporkan ada tiga pasien positif Covid-19, yang diketahui pernah mengikuti Ijtima Ulama Dunia. Hingga pertengahan April, dilaporkan ada 11 orang yang pernah ikut Ijtima Ulama Dunia diketahui positif Covid-19. Hingga pertengahan April dilaporkan ada 50 kasus positif Covid di Jateng yang berasal dari klaster Gowa.

- Jawa Timur

Hingga pertengahan April tercatat ada 6 kasus positif Covid 19 yang berasal dari klaster Gowa.

- Nusa Tengara Barat (NTB)

Kasus terbanyak asal klaster Gowa ada di Nusa Tenggara Barat (NTB), tercatat 61 kasus positif per tanggal 20 April 2020.

- Sulawesi Selatan

Dilaporkan hingga pertengahan April, ada sebanyak 31 kasus positif Covid 19 yang berasal dari klaster Gowa.

- Lampung

Satu orang pasien positif Covid-19 meninggal dunia yang diketahui masuk dalam klaster Gowa

- Jambi

Satu orang pasien positif Covid-19 meninggal dunia juga diketahui merupakan klaster Gowa.

- Maluku Utara

Dua orang pasien positif Covid 19 diketahui merupakan klaster Gowa

Sumber: Republika & berbagai sumber

Pengolah: Bayu Hermawan.

 
 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement