Kamis 30 Apr 2020 13:55 WIB

RS Azra Gelar Webinar Pemenuhan Gizi Selama #Dirumahaja

Kebutuhan nutrisi gizi dalam asupan sehari-hari sangat dibutuhkan bagi setiap tubuh

RS Azra menggelar webinar dengan tema Pemenuhan Gizi Selama DirumahAja.
Foto: RS Azra
RS Azra menggelar webinar dengan tema Pemenuhan Gizi Selama DirumahAja.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Kebutuhan nutrisi gizi dalam asupan sehari-hari memang sangat dibutuhkan bagi setiap tubuh. Sampai sekarang masih banyak ditemukan masyarakat kurang aware dengan takaran masing-masing jenis makanan yang idealnya dibutuhkan oleh tubuh. Secara rinci setiap orang membutuhkan kandungan nilai gizi yang berbeda, dibedakan antara jenis kelamin, usia, juga apabila orang tersebut memiliki riwayat penyakit tertentu, misalnya diabetes.

Untuk memberikan edukasi dan informasi terkait gizi, terutama di musim pandemic yang masih terjadi ditengah-tengah masyarakat Indonesia khususnya wilayah Bogor dan sekitarnya, RS Azra mengadakan webinar dengan tema “Tips Pemenuhan Gizi Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Selama #dirumahaja”. Agenda ini bertujuan untuk terus mendekatkan interaksi RS Azra bersama pasien-pasien tercinta agar tetap sehat dan berproduktif selama mengerjakan seluruh agendanya dirumah.

Baca Juga

Dengan memanfaatkan teknologi sosial media Live Instagram, webinar ini dilaksanakan tepat pukul 09.00 WIB di pandu oleh Riandy Adha pada hari Kamis, 30 April 2020 dengan Narasumber Ahli Gizi RS Azra Noer Asrori, SKM dan Resti Puspita, S. Gz.

Dalam penyampaiannya, Noer menyebutkan secara global kebutuhan asupan gizi dibagi 2, pria dan wanita. Pria membutuhkan 2.500 kkal dan wanita membutuhkan 1.900 kkal. Dengan pembagian Karbohidrat, Lauk Hewani, Lauk Nabati, Sayuran dan Buah. Serta cukupi konsumsi air idealnya 8-10 gelas setiap hari. Hal tersebut sering menjadi kampanye bagi para ahli gizi untuk terus mengimbau berkonsumsi makanan yang bergizi, ditambah bagi yang menjalankan ibadah puasa Ramadhan sangat dianjurkan untuk mengatur pola makan seimbang pada saat sahur dan buka puasa.

“Batasi konsumsi gula (maksimal 4 sdm/hari), garam (maksimal 1 sdt/hari), dan lemak (maksimal 5 sdm/hari),” tambah Noer.

Berlangsungnya sesi materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, ada salah satu pertanyaan yang masuk ke DM Instagram di @rsazra yaitu bagaimana cara membuat makanan yang praktis, simple tapi tetap bergizi? lalu ada juga pertanyaan lain seperti selama pandemi ini dan harus dirumah, jadi terbiasa untuk iseng cari cemilan ringan atau frozen food tinggal goreng, apakah jenis cemilan tersebut dapat menjadi pelengkap pemenuhan gizi?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut dijawab langsung. Bahwa banyak makanan praktis dan simple namun tetap mengandung kebutuhan gizi, contohnya seperti sandwich dengan isi sayuran dan daging ayam. Kebutuhan karbohidrat tercukupi dari roti, lalu adanya sayuran salada dan tomat, ditambahkan lauk hewani didalamnya. Atau mungkin dapat juga masakan kari, banyak hal yang dapat di kreasikan. Dan untuk cemilan, seperi yang sudah di sampaikan sebelumnya dalam sehari maksimal mengkonsumsi minyak (lemak) sebanyak 5 sendok makan, setara dengan 1 potong goreng ayam.

"Alangkah lebih baik cemilan dapat diganti dengan buah, pudding, rebusan seperti singkong atau ubi rebus,” jawab Resti.

Interaksi di media sosial memang seru dan memudahkan para penontonnya untuk bertanya. Dari banyaknya pertanyaan yang masuk, terpilih 3 pertanyaan terbaik untuk mendapatkan Menu Catering Diet dari RS Azra sesuai dengan kebutuhan gizinya masing-masing. Dan ada 2 bingkisan menarik yang diberikan untuk 2 pemenang lainnya.

Dengan terbatasnya waktu menjadikan pertanyaan yang banyak masuk tidak dapat di sebutkan satu persatu. Untuk mensiasati hal tersebut RS Azra membuka layanan Konsultasi Online yang dapat di nikmati oleh seluruh masyarakat agar terus terjaga dalam setiap kondisi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement