Kamis 30 Apr 2020 13:00 WIB

Pandemi, FAO Imbau Masyarakat Beli Makanan dari Usaha Kecil

Beli makanan dari usaha kecil untuk mendukung mata pencaharian mereka

Petani tengah melakukan panen, (ilustrasi).
Foto: FAO
Petani tengah melakukan panen, (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di tengah pandemi Covid-19, FAO mengimbau masyarakat untuk membeli makanan dari usaha kecil setempat, menghargai petani, nelayan dan peternak yang memproduksi pangan, berbelanja dengan bijaksana, dan makan makanan sehat.

“Sudah saatnya bagi kita untuk memperhatikan satu sama lain dan menghargai mereka yang berada di garis depan dalam pandemi ini. Mereka yang memproduksi pangan untuk kita makan setiap hari di masa yang sulit ini,” kata Stephen Rudgard, Perwakilan FAO di Indonesia.

Baca Juga

Berikut delapan imbauan FAO antara lain:

• Ingatlah mereka para pahlawan pangan selama pandemi ini, seperti petani kecil  nelayan, peternak, pengemudi truk dan para penjual di pasar/ supermarket yang menyiapkan bahan-bahan pangan untuk masyarakat.

• Beli makanan dari usaha kecil untuk mendukung mata pencaharian mereka di masa-masa sulit ini.

• Ketika Anda membeli makanan dari pasar/ supermarket, pakailah masker, cobalah untuk memastikan jarak fisik yang aman, dan jaga kebersihan tangan Anda.

• Berbelanja dengan bijaksana - membeli terlalu banyak pangan segar (seperti buah, sayur, ikan, daging sapi, dan daging ayam) pada satu waktu dapat mengakibatkan makanan rusak dan terbuang, ini akan meningkatkan sampah pangan dan menghabiskan uang Anda.

• Tidak perlu menimbun makanan di rumah karena Covid-19 tidak secara langsung mempengaruhi produksi makanan.

• Konsumsi pangan yang bergizi, beragam, seimbang, dan aman untuk Anda dan keluarga Anda.

• Cuci tangan Anda sebelum dan sesudah memegang makanan di rumah, dan ikuti praktik pengolahan makanan yang baik.

• Bagikan makanan Anda, atau dukung bank makanan, kelompok masyarakat, atau badan amal yang menyediakan makanan gratis bagi orang-orang yang rentan, sebisa Anda. Kedermawanan Anda sangat penting selama krisis ini.

FAO terus bekerja dengan Pemerintah untuk memberikan saran dan dukungan tentang langkah-langkah untuk mengurangi dampak Covid-19 terhadap sistem pangan Indonesia yang berkelanjutan dan tangguh. Termasuk melakukan penilaian dan analisa untuk perubahan kebijakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement