Kamis 30 Apr 2020 08:02 WIB

Twitter Beri Akses Data Soal Cuitan tentang Covid-19

Twitter beri akses soal cuitan tentang Covid-19 untuk kurangi misinformasi

'Event Page' di Twitter tentang Covid-19
Foto: Twitter
'Event Page' di Twitter tentang Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Twitter Inc akan memberikan akses ke data terkini soal cuitan tentang Covid-19 kepada para peneliti dan pengembang perangkat lunak agar bisa dimanfaatkan untuk mengurangi misinformasi dan mempelajari penyebaran penyakit.

Twitter, dikutip dari Reuters, menyatakan peneliti dan pengembang yang memiliki akun yang sudah diverifikasi oleh mikroblog tersebut bisa mendaftar ke untuk bisa mendapatkan akses ke Covid-19 stream endpoint.

Twitter akan memberikan sejumlah syarat untuk mereka, termasuk penelitian akan digunakan untuk kepentingan publik. Twitter juga akan meminta mereka untuk menjelaskan bagaimana keamanan dan privasi data dilindungi. Para peneliti dan pengembang yang mendapatkan akses harus mematuhi peraturan mereka, seperti tidak memuat informasi kesehatan pengguna dan tidak menyimpan informasi pribadi pengguna.

Platform tersebut sebenarnya memiliki akses API untuk publik, namun, hanya sebagian kecil akses ke arus cuitan yang diberikn. Pengguna berbayar bisa mendapatkan akses yang lebih banyak. Twitter menyatakan belum pernah menawarkan akses penuh ke arus cuitan tentang topik tertentu sebelum ini. Program ini juga berlaku untuk para pakerja bidang manajemen krisis, tanggap darurat, komunikasi publik, juga pengembang machine learning.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement