Kamis 30 Apr 2020 03:59 WIB

Volkswagen Bersiap Hadirkan Mobil Listrik SUV

Mobil listrik SUV Volkswagen siap diluncurkan 2021.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Touareg, salah satu lini SUV dari Volkswagen..
Foto: Volkswagen
Touareg, salah satu lini SUV dari Volkswagen..

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Masa depan mobil listrik semakin dekat. Mengingat, sebagian besar jenama mulai mempersiapkan sejumlah produk andalanya. Volkswagen (VW) pun telah memperkenalkan jajaran mobil listrik lewat mobil-mobil konsep dengan nama ID Series.

Dilansir dari Electrive pada Rabu (29/4), VW pun disebut telah siap memboyong mobil konsep itu ke dalam lini produksi. Rencananya, electric vehicle (EV) yang segera akan disajikan VW adalah mobil dalam format sport utility vehicle (SUV).

Baca Juga

Sepertinya ini merupakan langkah yang cukup brilian. Mengingat, selera pasar saat ini memang sedang sangat tinggi untuk mobil SUV. Kemungkinan, EV 7 seater itu akan menggunakan nama ID.6 dan siap untuk diluncurkan pada 2021.

VW telah memberikan konfirmasi pada November 2019 bahwa fase pertama kehadiran mobil itu akan diawali dengan proses produksi di Anting, China. Fasilitas produksi di Anting itu merupakan fasilitas hasil kerja sama dengan SAIC dan memang dihadirkan sebagai pabrik untuk membuat mobil listrik.

Rencananya, proses produksi EV dari VW itu akan dimulai pada Oktober 2020. Dari sisi lay out, ID.6 akan memiliki lay out seperti VW Touareg. Artinya, ID.6 akan menawarkan akomodasi yang cukup leluasa dan hadir sebagai sebuah mobil keluarga.

Kemungkinan besar, mobil ini hanya ditawarkan dalam format penggerak empat roda. Soal powertrain, diperkirakan ID.6 akan didukung oleh motor listrik bertenaga hingga 300 kW dan baterai 77 kWh dan 111 kWh.

Dengan kemampuan itu, maka ID.6 akan memiliki daya jelajah sekitar 450 kilometer hingga 600 kilometer. Selayaknya VW Touareg, maka mobil ini pun dihadirkan untuk siap diajak berjelajah ke luar kota dengan bagasi yang lapang.

Saat ini, VW sendiri telah memasarkan mobil listrik kompak dengan nama ID.3. Setelah ID.6 hadir, maka masyarakat akan memiliki tambahan opsi yang sesuai dengan kebutuhan. Apalagi, VW pun akan melengkapi keluarga ID dengan beragam format lain mulai dari hatchback hingga crossover.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement