Kamis 30 Apr 2020 03:15 WIB

Tim-tim Ini adalah Santapan Favorit Lionel Messi

Messi mampu melubangi nyaris seluruh jala gawang tim elite Eropa

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Lionel Messi
Foto: EPA-EFE/ALEJANDRO GARCIA
Lionel Messi

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Sejak mengawali debut di Liga Champions pada musim 2004/2005, Lionel Messi telah tampil di 141 laga dan mencetak 114 gol di kompetisi paling elit antar klub Eropa tersebut. Secara keseluruhan, di kompetisi antar klub Eropa, Messi telah mencetak 117 gol dari 11.950 menit penampilan di atas lapangan.

Dengan catatan tersebut, peraih enam trofi Ballon d'Or itu mampu mencetak satu gol tiap 102 menit dan delapan detik tampil di kompetisi antar klub Eropa, termasuk Liga Champions dan Piala Super Eropa.

Berdasarkan catatan statistik di laman resmi UEFA, Messi telah menghadapi 42 klub berbeda, yang berasa dari 16 negara Eropa. Dari 42 klub tersebut, hingga saat ini, Messi hanya gagal merobek gawang enam klub, yaitu Atletico Madrid, Benfica, Inter Milan, Napoli, Rubin Kazan, dan Udinese.

Sementara golnya ke Borussia Dortmund pada November 2019 mengantarkan pemain berusia 32 tahun itu sukses mencetak gol ke 36 klub yang berbeda di kompetisi Eropa. Dari deretan klub-klub tersebut, Messi ternyata paling sering mencetak gol ke gawang Arsenal.

"Messi mencetak sembilan gol dalam 447 menit laga, yang terdiri dari sembilan laga menghadapi Arsenal di kompetisi Eropa. Rata-rata, Messi mampu mencetak satu gol tiap 49 menit dan 40 detik tiap menghadapi wakil asal Inggris tersebut," tulis laporan statistik di laman resmi UEFA, Rabu (29/4).

Sementara dari segi rataan gol, gawang Bayer Leverkusen menjadi gawang yang paling sering dibobol bintang Barcelona tersebut. Pemain asal Argentina itu mencetak tujuh gol hanya dari 270 menit laga menghadapi Leverkusen, dengan rataan satu gol per 38 menit dan 34 detik.

Lima dari tujuh gol itu diborong Messi saat Barcelona membungkam wakil Jerman itu, 7-1, di leg kedua babak 16 besar Liga Champions musim 2011/2012 silam.

Di antara lima negara top di kompetisi Eropa, wakil-wakil dari Jerman memang menjadi lawan favorit Messi. Peraih empat trofi Liga Champions bersama Barcelona itu mampu mencetak satu gol tiap 73 menit dan 32 detik laga saat menghadapi kontestan asal Bundesliga. Sedangkan menghadapi tim-tim asal Liga Primer Inggris, Messi tercatat mampu mencetak satu gol per 101 menit dan 12 detik.

Melakoni laga kontra tim-tim asal Prancis, Messi mengemas rataan satu gol tiap 128 menit. Kemudian menghadapi wakil dari Serie A, Messi mencatatkan rata-rata satu gol tiap 166 menit dan 10 detik. Messi justru kesulitan saat harus menghadapi sesama wakil asal La Liga, dengan torehan satu gol per 187 menit dan 30 detik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement