Rabu 29 Apr 2020 22:16 WIB

Luapan Kali Krukut Sempat Genangi Dua RW di Petogogan Jaksel

Petugas PPSU langsung turun ke lokasi hingga air surut.

Kali Krukut
Foto: Thoudy Badai
Kali Krukut

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dua RW di Kelurahan Petogogan, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan terendam air setinggi 20 sentimeter pada Rabu (29/4) malam. Air itu berasal dari meluapan Kali Krukut setelah hujan mengguyur wilayah tersebut pada Rabu sore.

Lurah Petogogan Muhammad Nur mengatakan, Kali Krukut meluap saat hujan dengan intensitas lebat mengguyur wilayah tersebut sejak sore hari. "Kali Krukut kan selalu meluap kalau hujan," kata Muhammad.

Menurut Muhammad, kondisi Kali Krukut yang menyempit ditambah pendangkalan membuat sungai gampang meluap saat turun hujan. Kondisi tersebut, lanjut dia, kerap terjadi setiap tahun dan warga sudah terbiasa dengan genangan.

"Perlu ada normalisasi, dari tahun ke tahun memang begitu kejadiannya. Kalau tidak dilebarkan Kali Krukut masih saja ada genangan," kata Muhammad.

Genangan setinggi 15 -20 cm merendam pemukiman padat penduduk di RW 03 dan sebagian RW 02 Keluragan Petogogan. Banjir terjadi setelah hujan mengguyur wilayah tersebut dari pukul sekitar 15.00 sampai dengan 16.55 WIB.

Sebanyak delapan orang petugas Pekerja Penanganan Sarana Prasarana Umum (PPSU) dan 10 pasukan biru dari Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Selatan dikerahkan ke lokasi. Genangan berangsur surut mulai pukul 18.45 WIB.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement