Rabu 29 Apr 2020 19:17 WIB

Karier Irrfan Khan di Bollywood Sampai Hollywood

Aktor asal India, Irrfan Khan, meninggal dunia di usia 53 tahun akibat infeksi usus.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Aktor asal India, Irrfan Khan, meninggal dunia di usia 53 tahun akibat infeksi usus (Foto: Irrfan Khan)
Foto: Wikimedia
Aktor asal India, Irrfan Khan, meninggal dunia di usia 53 tahun akibat infeksi usus (Foto: Irrfan Khan)

REPUBLIKA.CO.ID, MUMBAI -- Aktor Bollywood, Irrfan Khan, meninggal dunia di usia 53 tahun. Dilansir di laman The Hollywood Reporter, Khan meninggal dunia pada Rabu (29/4) ini di Mumbai. Sebelumnya, dia sempat dirawat di rumah sakit karena infeksi usus besar awal pekan ini.  

Khan didiagnosis menderita kanker neuroendokrin tingkat tinggi pada Maret 2018. Dia menghabiskan waktu di London dirawat karena bentuk kanker yang langka sebelum kembali bekerja tahun lalu.

Baca Juga

Khan adalah seorang aktor dengan karir yang gemilang selama 30 tahun dia berakting. Pengalamannya tak hanya di dunia perfilman, jagat drama televisi pun pernah dia jangkau. 

Khan yang lahir di Rajasthan itu terinspirasi untuk menjadi aktor oleh pahlawan-pahlawannya, seperti Dilip Kumar dan Marlon Brando. Dia memulai karirnya dengan membintangi drama televisi sebelum debut filmnya di 'Mira Nair' yang mendapat pujian kritis. Filmnya 'Salaam Bombay' pun sempat dinominasikan oleh Academy Award pada 1988 silam 

Khan mendalami akting dalam peran spesialisasi penjahat. Atas usahanya itu, dia mendapatkan berbagai pujian kritis karena memerankan seorang pemimpin geng mahasiswa dalam film kultus 'Tigmanshu Dhulia'. 

Sejumlah film yang dibintanginya, seperti film '7 Khoon Maaf' pun bertengger di jajaran film di Festival Film Berlin pada 2011. The Hamlet Adaptation Haider (2014) dan thriller 'Talvar' juga pernah diputar di Festival Film Toronto pada 2015.

Meskipun sering berperan sebagai penjahat di Bollywood, Khan menunjukkan kepandaiannya dengan pertunjukan-pertunjukan terkenal dalam komedi-komedi seperti Piku (2015) dan Saket Chaudhary, Hindi Medium yang fenomenal dan sukses di tahun 2017, yang merupakan film dengan kinerja terbaik Khan di box office India.

Karirnya di luar India dimulai pada 2001 silam. Dia bekerja dengan sutradara Inggris Asif Kapadia dalam film debutnya 'The Warrior'. 

Drama eksistensial itu kemudian memenangkan BAFTA untuk film Inggris terbaik dan memperkenalkan Khan kepada penonton Barat. Dia pun bekerja dalam peran di film arahan Michael Winterbottom, 'A Mighty Heart' dan arahan Wes Anderson, 'The Darjeeling Limited'.

Selama dasawarsa terakhir, Khan beralih ke Hollywood dengan mulus. Beberapa film seperti 'Jurassic World', 'Inferno', dan 'The Amazing Spider-Man' pun dibintanginya. 

Beberapa film yang membekas olehnya adalah 'Nair's The Namesake', 'Slumdog Millionaire Danny Boyle', dan 'Ang Lee's Life of Pi', di mana ia berperan sebagai Piscine Molitor Patel dewasa. Dengan luasnya karyanya yang belakangan, Khan bisa dibilang menjadi aktor India paling dikenal yang bekerja di barat. Khan meninggalkan seorang istri, Sutapa Devendra Sikdar, dan dua putra Babil dan Ayan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement