Makanan Maroko dan India Ini Bisa Dicoba untuk Menu Ramadhan

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah

Rabu 29 Apr 2020 16:09 WIB

Resep asal Maroko dan India cukup menggiurkan disantap saat Ramadhan (Foto: ilustrasi masakan Maroko Foto: GoodFreePhotos Resep asal Maroko dan India cukup menggiurkan disantap saat Ramadhan (Foto: ilustrasi masakan Maroko

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan tidak lengkap tanpa sajian lezat pada sahur dan berbuka. Terlebih, bulan puasa yang berada di tengah pandemik, bisa menjadi momen untuk mencoba ragam resep makanan di rumah.

Ada sejumlah resep hidangan tradisional asal Maroko dan India yang cukup menggiurkan untuk disantap saat Ramadhan. Resep bisa dicoba di dapur sepanjang bulan puasa, berikut resepnya dikutip dari laman india.com, Rabu (29/4).

Baca Juga

Harira

Sup tradisional Maroko ini cukup mudah dibuat dan kaya nutrisi sehingga bisa memberikan energi untuk menjalankan puasa sehari penuh. Bahan-bahannya antara lain minyak zaitun, bawang bombai, seledri, tomat, bawang putih, pasta tomat, lentil, dan kacang arab.

Panaskan minyak zaitun dalam wajan dan tambahkan bawang bombai yang sudah dicincang halus. Setelah bawang berubah warna, tambahkan seledri untuk ditumis. Kemudian, masukkan tomat yang sebelumnya dipotong dadu dan dimasak dalam oven selama dua menit.

Selanjutnya, tambahkan bawang putih cincang, pasta tomat, lentil, dan kacang arab. Bisa juga menambahkan garam, lada hitam, ketumbar, jintan, dan kayu manis. Sebagai alternatif, sup bisa ditambahkan dengan daging domba sebagai campuran.

photo
(Foto: ilustrasi Harira Soup) - (Flickr)

Masukkan domba ke dalam campuran dan biarkan mendidih selama 20 menit dengan api sedang. Tambahkan bayam cincang dan kangkung ke dalam campuran dan aduk rata. Biarkan 10 menit dan hidangan siap disajikan dengan lemon.

Saag Qeema

Menu khas India ini memiliki rasa dan aroma khas selain amat sehat dan bernutrisi. Saag Qeema biasanya disajikan bersama roti atau nasi. Bahan-bahannya adalah bayam, dill, daging domba, kunyit, bubuk cabai merah, pasta bawang putih dan jahe, serta cabai cincang.

Cara mempersiapkannya, tambahkan setengah sendok teh kunyit dalam rendaman air berisi bayam dan dill selama 20 menit. Panaskan minyak dalam wajan, kemudian tambahkan bawang cincang, bubuk kunyit, bubuk cabai merah, dan pasta bawang putih jahe.

Tambahkan domba (atau ayam sebagai pilihan) serta garam, biarkan sejenak. Tunggu sampai air mengering, kemudian tambahkan bayam yang telah direndam serta cabai hijau. Biarkan minyaknya keluar, tambahkan mentega, dan Saag Qeema siap disajikan.

Crispy Mutton Strips

Masih dengan resep yang menggunakan domba, menu Crispy Mutton Strips juga bisa jadi eksperimen di dapur untuk sajian selama Ramadan. Bahan utama yang dibutuhkan yakni mutton atau daging domba yang berusia satu sampai tiga tahun.

Bahan lainnya yakni minyak, daun bawang, daun ketumbar, cabai hijau, pasta bawang putih, garam, tepung, lada hitam, jus lemon, dan tepung jagung. Cara membuatnya, campur bawang, pasta bawang putih, cabai hijau, daging kambing cincang, dan daun ketumbar.

Setelahnya, tambahkan sebutir telur, tepung jagung, garam, jus lemon, dan lada hitam ke dalam campuran. Hilangkan kerak roti dan tekan dengan rolling pin. Taruh adonan di atas roti dan gulung, kemudian goreng di dalam minyak panas hingga kecokelatan.