Rabu 29 Apr 2020 06:58 WIB

Pasien Positif Covid-19 Kabupaten Solok Bertambah 3 Orang

Sudah terdapat total 5 orang pasien dinyatakan positif terjangkit virus corona.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Esthi Maharani
Petugas dari Polri, TNI, Dinas Perhubungan dan Pol PP mengecek kendaraan yang masuk ke Kota Padang di Check Poin depan Basko Padang dalam rangka penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Sumbar, Senin (28/4)|
Foto: Republika/Febrian Fachri
Petugas dari Polri, TNI, Dinas Perhubungan dan Pol PP mengecek kendaraan yang masuk ke Kota Padang di Check Poin depan Basko Padang dalam rangka penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Sumbar, Senin (28/4)|

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG- Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Barat Jasman Rizal mengatakan ada penambahan 3 orang pasien positif covid-19 di Kabupaten Solok. Total di Kabupaten Solok sudah terdapat total 5 orang pasien dinyatakan positif terjangkit virus corona.

"Kabupaten Solok mengalami peningkatan sebanyak 3 orang yang semuanya berasal dari Surian karena terinfeksi dengan warga sebelumnya yang juga telah positif. Semuanya sekarang isolasi mandiri di rumahnya masing-masing," kata Jasman, Selasa (29/4).

Jasman menerangkan total yang telah dinyatakan positif terinfeksi covid-19 di Provinsi Sumatera Barat sampai  Selasa 28 April 2020 adalah 144 orang. Dengan rincian 40 orang masih dirawat, isolasi mandiri di rumah 49 orang, 19 orang di berbagai pusat karantina, meninggal dunia 14 orang dan sembuh 24 orang.

Penambahan pasien positif covid-19 terbanyak kemarin berasal dari kota Padang yaitu 18 orang. Semua pasien tambahan dari Kota Padang ini menurut Jasman isolasi mandiri di rumahnya masing-masing dibawah pengawasan ketat tim kesehatan.

Tambahan 18 orang ini umumnya bersifat transmisi lokal berdasarkan pengembangan dan tracking dari orang yang terinfeksi sebelumnya dan masih berputar dalam klaster yang sama. Mereka berasal dari berbagai wilayah di kota Padang, antara lain dari Parak Karakah, Subarang Padang, Kuranji, Aua Duri, Nanggalo, Korong Gadang, komplek Cendana, kawasan Padang Timur, Gurun Laweh, Gunuang Pangilun, Balimbiang dan Tanah Sirah.

Kemudian selain Kabupaten Solok dan Kota Padang, pasien positif corona di Sumbar juga berasal dari Sintuak Kabupaten Padang Pariaman dan dari Kecamatan Payakumbuh Selatan Kota Payakumbuh masing-masing 1 orang. Keduanya juga isolasi mandiri dirumahnya masing-masing.

Di samping itu pada Selasa kemarin menurut Jasman ada tambahan pasien sembuh dari covid-19 di Sumbar. Pasien adalah warga Koto Tangah yakni seorang wanita 59 tahun. Pasien selama dua pekan terakhir diisolasi di RSUP M Djamil Padang.

"Sehingga total yang telah sembuh dari covid-19 sampai hari ini adalah sebanyak 24 orang, di Sumbar," ucap Jasman.

Data terbaru jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Sumbar sekarang ini sebanyak 7.750 orang. ODP yang masih dalam proses pemantauan 468 orang dan sudah selesai pemantauan 7.282 orang. Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Sumbar ada sebanyak 369 orang. Dari 369 PDP tersebut, 48 orang masih dirawat di berbagai rumah sakit rujukan sambil menunggu hasil lab, sudah dinyatakan negatif terinfeksi covid-19 sebanyak 313 orang dan isolasi diri di rumah 8 orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement