Rabu 29 Apr 2020 05:59 WIB

ACT Tasikmalaya Gelar Operasi Pangan Selama Ramadhan

Selain operasi pangan ACT juga membuat makanan siap santap untuk berbuka puasa

Rep: bayu adji p/ Red: Hiru Muhammad
Tim relawan ACT Tasikmalaya mendistribusikan bantuan ke sejumlah warga di wilayah Priangan Timur, Jawa Barat.
Foto: ACT Tasikmalaya
Tim relawan ACT Tasikmalaya mendistribusikan bantuan ke sejumlah warga di wilayah Priangan Timur, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Lembaga filantropi Aksi Cepat Tanggap (ACT) menggelar operasi pangan selama Ramadhan 1441 H di wilayah Priangan Timur, Jawa Barat. Operasi pangan itu bertujuan untuk membantu masyarakat prasejahtera menjalani ibadah di tengah pandemi Covid-19.

Kepala Cabang ACT Tasikmalaya, Taufik Perdana mengatakan, Ramadhan merupakan bulan penuh berkah yang dinanti semua umat Muslim di dunia. Banyak yang bersuka cita menyambutnya, tapi di satu sisi terdapat banyak pula yang menyambut dengan sedih lantaran terjadi pandemi Covid-19, terutama kesulitan dalam pemenuhan pangan sehari-hari.

Karena itu, ACT Tasikmalaya menggelar operasi pangan gratis sejak H-7 Ramadhan hingga saat ini. “Operasi pangan untuk keluarga prasejahtera ini memang kami sampaikan langsung ke rumah-rumah mereka yang sampai hari ini masih kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pangan, terlebih saat ini memasuki Ramadhan. Insya Allah ini menjadi salah satu bekal terbaik mereka di tengah pandemi Covid-19," kata dia, dalam keterangan resmi, Selasa (28/4).

Ia mengatakan, bantuan berupa paket bahan pokok dan barang-barang lainnya didistribusikan kepada keluarga prasejahtera dengan berkeliling di Priangan Timur. Sebanyak 145 jiwa menerima manfaat program pangan gratis itu.

Salah satu penerima manfaat operasi pangan ACT, Uti (83 tahun) mengaku bersyukur menerima bantuan tersebut. Sebab, selama ini ia harus berjuang seorang diri menghidupi cucunya yang masih berusia anak-anak.

Selama ini, ia bekerja serabutan untuk menghidupi keluarganya. Namun, sejak terjadi pandemi Covid-19, ia tak bisa lagi bekerja. "Kebetulan sekali saat ini tidak punya apa-apa. Alhamdulillah ada yang membantu," kata perempuan yang tinggal di Kabupaten Tasikmalaya itu.

Tim Program ACT Tasikmalaya, M Fauzi Ridwan mengatakan, pihaknya tak hanya menggelar operasi pangan. Lebih dari itu, ACT Tasikmalaya juga membuat ratusan porsi makanan siap santap untuk menu berbuka masyarakat prasejahtera. 

Ia mengatakan, program itu telah dilakukan sejak sebelum Ramadhan. ACT bekerja sama dengan warteg atau warung nasi yang ada di Tasikmalaya untuk menghadirkan makanan siap santap yang dibagikan kepada orang yang membutuhkan secara gratis.

“Insyaallah di bulan Ramadhan akan semakin dahsyat, masih ada ribuan paket pangan dan paket makan yang siap didistribusikan," kata dia.

 

Bayu Adji P

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement