Selasa 28 Apr 2020 22:47 WIB

UEFA Tunggu Kepastian Liga Domestik Hingga 25 Mei

UEFA juga akan memanggail operator Liga Belanda yang menghentikan musim ini.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Ilustrasi Permainan Sepak Bola
Foto: Foto : MgRol_94
Ilustrasi Permainan Sepak Bola

REPUBLIKA.CO.ID, NYON -- Asosiasi Sepak bola Eropa (UEFA) telah memberikan tenggat waktu hingga 25 Mei 2020 kepada operator Liga Primer Inggris dan 55 anggota asosiasi lainnya untuk menetapkan rencana mereka menyelesaikan musim 2019/2020. Selain itu, tenggat waktu ini juga diberikan untuk memastikan kualifikasi Liga Champions dan Liga Europa musim depan.

Mengutip dari Sky Sports, pedoman yang dikeluarkan oleh presiden UEFA Aleksander Ceferin dan sekretaris jenderal UEFA Theodore Theodoridis menyatakan, 'Asosiasi dan/atau liga nasional harus berkomunikasi dengan UEFA pada tanggal 25 Mei 2020. Ini tentang rencana kelanjutan kompetisi domestik mereka termasuk tanggal mulai kembali dan format kompetisi yang relevan'.

Dengan tenggat waktu yang sama, UEFA juga meminta penjelasan asosiasi Belanda yang memutuskan untuk menghentikan kompetisi lebih awal. Komite Eksekutif UEFA akan mengadakan panggilan konferensi jarak jauh berikutnya pada 27 Mei. Tujuannya dimaksudkan untuk mencapai keputusan final apakah kompetisi Eropa musim ini dapat diselesaikan pada bulan Agustus atau tidak.

Di sisi lain, para pejabat tinggi UEFA akan bersimpati pada liga mana pun yang tidak dapat memberikan kejelasan pada 25 Mei, karena ketidakpastian pemerintah yang sedang berlangsung terkait pandemi virus corona.

Kelompok kerja UEFA telah membuat rekomendasi kuat bahwa musim 2019/2020 harus selesai, dan lebih memilih kompetisi domestik yang ditangguhkan untuk memulai kembali dengan format yang berbeda, daripada membatalkannya. Telah disepakati bahwa asosiasi hanya dapat membatalkan musim mereka jika pemerintah mencegah acara olahraga berlangsung atau karena masalah ekonomi yang tidak dapat diatasi sehingga beresiko pada stabilitas keuangan jangka panjang dari kompetisi dan klub domestik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement