Rabu 29 Apr 2020 01:25 WIB

Kapan Masker Kain Harus Dicuci?

Masih banyak masyarakat yang abai mengenai kebersihan masker.

Rep: Gumanti Awaliyah / Red: Nora Azizah
Masih banyak masyarakat yang abai mengenai kebersihan masker (Foto: ilustrasi masker kain)
Foto: Youtube
Masih banyak masyarakat yang abai mengenai kebersihan masker (Foto: ilustrasi masker kain)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mewajibkan penggunaan masker untuk menekan penyebaran virus Covid-19, kini banyak orang telah menggunakan masker kain. Namun begitu, masih banyak masyarakat yang abai akan kebersihan masker.

Shoshana Ungerleider, seorang dokter dari Sutter Health, mengatakan bahwa masker kain harus dicuci setelah digunakan. "Masker idealnya harus dicuci setelah setiap kali digunakan, jika memungkinkan," kata dia.

Baca Juga

Ungerleider juga mengatakan setiap orang perlu berhati-hati ketika mereka melepas masker setelah dipakai. Pastikan masker tidak menyentuh mata, hidung atau mulut saat melepas masker.

"Dan tentu saja, segera cuci tangan Anda setelah melepas masker," kata Ungerleider seperti dilansir dari CBS News, Rabu (29/4).

Menurut dia, penting juga mengganti masker yang sudah usang atau rusak. Semisal maskernya berlubang atau ukurannya sudah longgar dan tidak dapat menutupi hidung dan mulut lagi dengan baik.

Ungerleider juga memperingatkan bahwa menggunakan masker saja tidak terlalu efektif dalam mencegah infeksi. Selalu menjaga jarak fisik, tetap tinggal di rumah dan menjaga daya tahan tubuh juga harus dilakukan guna mencegah infeksi virus.

"Cara terbaik untuk mencegah infeksi atau mencegah penyebaran penyakit adalah tinggal di rumah," kata dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement