Rabu 29 Apr 2020 03:55 WIB

Dua Versi Angka Kematian Covid-19 di Inggris

Angka kematian Covid-19 versi Kantor Statistik Nasional dan pemerintah Inggris beda

Rep: Lintar Satria/ Red: Christiyaningsih
Polisi berjaga diluar Rumah Sakit St Thomas. Angka kematian Covid-19 versi Kantor Statistik Nasional dan pemerintah Inggris beda. Ilustrasi.
Foto: VIctoria Jones/PA via AP
Polisi berjaga diluar Rumah Sakit St Thomas. Angka kematian Covid-19 versi Kantor Statistik Nasional dan pemerintah Inggris beda. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Kantor Stasistik Nasional (ONS) Inggris mengatakan kematian terkait virus korona di Inggris dan Wales hingga 17 April lebih tinggi 35 persen dibandingkan laporan kematian di rumah sakit yang dirilis pemerintah. Angka kematian berbeda sebab ONS juga menghitung kematian di luar rumah sakit.

Pada Selasa (28/4) ONS mengatakan total orang yang meninggal dunia karena virus corona atau Covid-19 di Inggris dan Wales sampai 17 April sebanyak 21.284 orang. Jumlah itu lebih banyak 35 persen dibandingkan yang meninggal di rumah sakit dan dilaporkan pemerintah pada 18 April yaitu sebanyak 13.917 orang.

Baca Juga

Berdasarkan kalkulasi kantor berita Reuters itu artinya jumlah orang yang meninggal karena Covid-19 hingga tanggal 17 April di Inggris lebih banyak dibandingkan di Prancis dan Spanyol. Kematian di Inggris hanya lebih rendah dibandingkan Italia.

Bertambahnya orang lanjut usia yang meninggal dunia di panti wreda di Inggris dan Wales dalam beberapa pekan terakhir berkontribusi pada bertambahnya jumlah orang yang meninggal karena Covid-19. ONS mengatakan total kematian di panti wreda di Inggris dan Wales pada pekan ke-16 tahun 2020 mencapai 7.316 orang. Jumlah ini hampir tiga kali lipat dibandingkan laporan pekan ke-13.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement