Berbuka dengan Es Boba Buatan Sendiri di Rumah

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah

Selasa 28 Apr 2020 13:18 WIB

Es boba bisa jadi pilihan buka puasa yang segar sekaligus mengenyangkan (Foto: ilustrasi minuman boba) Foto: Wallpaper Flare Es boba bisa jadi pilihan buka puasa yang segar sekaligus mengenyangkan (Foto: ilustrasi minuman boba)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi banyak orang di Asia Tenggara, minuman bubble atau boba cukup istimewa. Tak hanya sekadar manis, rasa boba yang kenyal juga memberikan rasa unik tersendiri.

Di bulan puasa, tak ada salahnya berbuka dengan es boba yang segar dan mengenyangkan. Namun, akan jauh lebih hemat bila membuat boba sendiri di rumah.

Baca Juga

Ingin coba bikin boba sendiri di rumah? Coba resep sederhana yang dikutip dari laman mashable, Selasa (28/4), berikut ini.

Bahan yang diperlukan

1 gelas air mendidih

1 cangkir gula merah tua

2½ cangkir tepung tapioka / tepung

Cara membuat boba

- Campur air mendidih dan gula merah dalam panci. Pastikan gula merah meleleh sepenuhnya. Tambahkan tepung tapioka dan aduk sampai merata.

- Masak adonan dengan api kecil sampai mulai saling menempel dan menyerupai adonan. Gunakan spatula untuk mencegah campuran menempel ke dasar pot dan terbakar.

- Pindahkan adonan ke permukaan yang bersih, kikis juga sisa makanan di panci. Uleni adonan sampai rata. Kemudian gulung menjadi bentuk memanjang. Potong adonan memanjang menjadi beberapa bagian dan tutupi dengan kain lembab.

- Ambil satu dari potongan-potongan itu dan gulung hingga berdiameter 1 sentimeter. Memotongnya menjadi potongan-potongan panjang 1 sentimeter.

photo
(Foto: ilustrasi minuman bobba) - (Flickr)

- Gulung menjadi bola. Ulangi Langkah enam hingga delapan hingga membuat bentuk mutiara.

- Tambahkan mutiara mentah ke dalam panci berisi air mendidih dan masak selama 15 menit atau lebih lama (tergantung pada konsistensi yang diinginkan). Pindahkan mutiara ke dalam air es untuk mencegahnya saling menempel.

- Untuk merebus mutiara dengan gula merah, diperlukan susu, empat cangkir gula merah tua dan 1½ gelas air mendidih

- Kemudian campur air mendidih dengan gula cokelat gelap dalam panci dan didihkan. Aduk sesekali untuk mencegah campuran menempel ke bagian bawah pot.

- Tambahkan semua mutiara boba ke dalam campuran gula mendidih. Kemudian didihkan selama 20 menit. Angkat campuran dari api dan biarkan istirahat selama 10 hingga 20 menit.

Racikan teh susu boba

Empat gelas air panas

Delapan kantong teh hitam

Susu pilihan

Cara membuat

Rendam kantong teh dalam air panas dan tunggu sampai dingin hingga suhu kamar. Tambahkan susu dan es sebanyak yang Anda inginkan (preferensi pribadi) kemudian tuangkan mutiara. Viola! Bubble tea buatan rumah dengan mutiara gula merah yang manis dan padat pun siap dinikmati.