Senin 27 Apr 2020 15:36 WIB

Google Doodle Hadirkan Kembali Game Coding

Google akan menghadirkan kembali setidaknya sembilan gim lawasnya.

Rep: Febryan A/ Red: Reiny Dwinanda
Google doodle hadirkan gim coding lawasnya untuk mendukung orang tinggal di rumah selama pandemi Covid-19.
Foto: Google
Google doodle hadirkan gim coding lawasnya untuk mendukung orang tinggal di rumah selama pandemi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google menghadirkan kembali permainan coding yang sempat populer pada 2017 lalu. Tujuannya agar para pengguna internet betah di rumah selama masa pandemi Covid-19.

"Seiring Covid-19 terus memengaruhi komunitas di seluruh dunia, orang dan keluarga di mana pun menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Sehubungan dengan ini, kami meluncurkan seri Doodle throwback sambil melihat kembali beberapa game Google Doodle interaktif populer kami!" tulis Google di laman resminya.

Baca Juga

Google menghadirkan permainan tersebut di doodle-nya mulai hari ini, Senin (27/4). Gim ini dapat ditemukan oleh pengguna di laman pencarian utama Google.

Untuk memainkannya, pengguna hanya perlu mengeklik doodle di laman pencarian utama. Lalu klik tombol 'Play' pada gim Coding. Seekor kelinci putih akan muncul disertai sejumlah petunjuk permainan.

Misi gim ini adalah menghabiskan semua wortel yang ada di setiap level permainan. Caranya dengan memberikan perintah kepada kelinci putih agar bergerak menyusuri setiap titik keberadaan wortel. Perintah diberikan dengan kode yang merupakan bahasa pemrograman Scratch anak-anak.

Gim coding awalnya memang dibuat untuk memperingati 50 tahun bahasa coding anak-anak. Gim itu dibuat berkat kerja sama Google Doodle, Google Blockly, dan peneliti MIT Search.

Dalam beberapa hari ke depan, Google akan menghadirkan setidaknya sembilan lagi gim lawasnya. Namun, belum diketahui gim apa saja akan ditampilkan melalui doodle tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement