Senin 27 Apr 2020 09:22 WIB

Stafsus BPIP Romo Benny: Menanam, Solusi di Tengah Pandemi

Menanam dinilai jadi solusi mengatasi kekurangan pangan di masa pandemi Covid19.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Nur Aini
Rohaniawan Benny Susetyo atau Romo Benny.
Foto: Republika/Wahyu Suryana
Rohaniawan Benny Susetyo atau Romo Benny.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Antonius Benny Susetyo menilai memanfaatkan lahan kosong untuk bertanam menjadi salah satu antisipasi jitu untuk mengatasi kekurangan pangan di masa pandemi Covid 19. Hal itu karena kekurangan pangan jadi ancaman serius di tengah pandemi Covid-19.

"Sampai saat ini dunia belum menemukan vaksin virus corona dalam situasi ketidakpastian global akan mempengaruhui kehidupan ekonomi Dunia maka perlu antisipasi untuk mengatasi krisis ekonomi termasuk krisis pangan," kata Benny dalam keterangan tertulisnya, Ahad (26/4).

Baca Juga

Benny menjelaskan, aksi gerakan menanam itu mudah dilakukan, cukup dengan memanfaatkan bahan bekas seperti botol bekas, kaleng, dan dipadukan dengan sistem hidroponik. Menurutnya, bangsa Indonesia memiliki modal sosial dan budaya sangat kuat untuk menggerakkan kesadaran bersama dalam melakukan gerakan tersebut.

"Bangsa Indonesia adalah negara dengan modal sosial dan budaya yang kuat dalam bahu membahu gotong royong melakukan gerakan menanam ini demi kesejahteraan bersama," ujarnya.

Benny mengungkapkan kekuatan suatu bangsa dalam mengatasi krisis ketahanan pangan saat ini mengingatkan kembali cita Bung Karno untuk berdaulat bidang ekonomi. Ia berharap dapat ditumbuhkan harapan dalam sanubari bangsa ini, gerakkan gotong royong menjadi cara berpikir, bertindak, berelasi dalam mengatasi pandemi Covid-19.

"Gerakan yang sederhana ini sangat mudah dilakukan oleh semua kalangan masyarakat dan dampaknya luar biasa untuk antisipasi krisis global," ungkapnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement